PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD KATOLIK SALIB SUCI KINILOW

Authors

  • Veronika Pangaribuan Universitas Negeri Manado
  • Widdy H. F. Rorimpandey Universitas Negeri Manado
  • Stien A. Dien Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Katolik Salib Suci Kinilow. Peneliti menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari empat tahap, yaitu : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Katolik Salib Suci Kinilow dengan menggunakan model Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi yaitu pengamatan secara langsung terhadap pelaksanaan tindakan pembelajaran dan tes lisan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi. Teknik analisis data menggunakan rumus KB = x 100%. Hasil yang diperoleh pada siklus I mencapai 63% sedangkan pada siklus II diperoleh mencapai 89,5% yang artinya siswa sudah memahami materi dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa guru di SD Katolik Salib Suci Kinilow diharapkan untuk menerapkan Model Problem Based Learning agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV.

Downloads

Published

2024-05-31

Issue

Section

Articles