PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD KATOLIK SALIB SUCI KINILOW

Main Article Content

Veronika Pangaribuan
Widdy H. F. Rorimpandey
Stien A. Dien

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Katolik Salib Suci Kinilow. Peneliti menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari empat tahap, yaitu : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Katolik Salib Suci Kinilow dengan menggunakan model Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi yaitu pengamatan secara langsung terhadap pelaksanaan tindakan pembelajaran dan tes lisan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi. Teknik analisis data menggunakan rumus KB = x 100%. Hasil yang diperoleh pada siklus I mencapai 63% sedangkan pada siklus II diperoleh mencapai 89,5% yang artinya siswa sudah memahami materi dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa guru di SD Katolik Salib Suci Kinilow diharapkan untuk menerapkan Model Problem Based Learning agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV.

Article Details

Section
Articles