PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD KATOLIK SALIB SUCI KINILOW

Authors

Keywords:

Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning< em> PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Katolik Salib Suci Kinilow Peneliti menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas PTK terdiri dari empat tahap yaitu : 1 perencanaan 2 tindakan 3 observasi dan 4 refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Katolik Salib Suci Kinilow dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning< em> PBL Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi yaitu pengamatan secara langsung terhadap pelaksanaan tindakan pembelajaran dan tes lisan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi Teknik analisis data menggunakan rumus KB = T Tt nbsp; x 100 Hasil yang diperoleh pada siklus I mencapai 63 sedangkan pada siklus II diperoleh mencapai 89 5 yang artinya siswa sudah memahami materi dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa guru di SD Katolik Salib Suci Kinilow diharapkan untuk menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning< em> PBL agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV < p>

References

Downloads

Published

2024-08-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>