PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD GMIM 8 TOMOHON

Authors

  • Rocky S. Biasa Universitas Negeri Manado
  • Hetty J. Tumurang Universitas Negeri Manado
  • Margareta O. Sumilat Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar, IPS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV SD GMIM 8 Tomohon. Peneliti menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menurut Suyadi dalam bukunya (2014: 14)  yang meliputi empat langkah tindakan, yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD GMIM 8 Tomohon dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar kegiatan siswa, tes formatif siklus I dan II, lembar pengamatan aktivitas belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan rumus KB = T/Tt x 100%. Hasil penelitian siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 68,75 dan persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 62,5%. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas yakni menjadi 77,19 dan persentase tuntas belajar klasikal mencapai 87,5%. Nilai rata-rata aktivitas belajar siklus I mencapai 72,41, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 80. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD GMIM 8 Tomohon, melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPS.

Downloads

Published

2024-11-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>