PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD GMIM 1 MADIDIR
Main Article Content
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan Bagian Tubuh Tumbuhan Dan Fungsinya di kelas IV SD GMIM 1 MADIDIR. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan mengambil sampel di kelas IV SD GMIM 1 Madidir dengan jumlah siswa 32 siswa, yang terdiri dari 21 laki-laki dan 11 perempuan. Dalam proses penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan alur atau tahapan (perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi). Dalam kegiatan belajar mengajar pada siklus I, ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 65% hal ini disebabkan pemanfaatan media pembelajaran masih kurang digunakan siswa, dan keterlibatan siswa dalam presentasi kelompok belum terlalu aktif, siswa masih merasa kaku karena menggunakan model pembelajaran berbasis proyek, Sebagian siswa masih ada yang bermain sehingga berdampak pada hasil pembelajaran yang masih kurang belum mencapai ketuntasan belajar klasikal lebih dari atau sama dengan 75% sehingga penelitian ini dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan dari 65% pada silkus I menjadi 95%. Peningkatan ini karena siswa ikut terlibat aktif dalam proses pembelajaran, guru sudah memotivasi siswa agar aktif dalam pembelajaran serta memanfaatkan media pembelajaran dengan baik sehingga siswa lebih memahami materi yang diberikan, guru memberi motifasi siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran, tidak perlu kaku tetapi harus aktif dalam kegiatan pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil be lajar IPA, siswa kelas IV di SD GMIM 1 madidir maka penelitian dilaksanakan hanya sampai pada siklus II