PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS DI KELAS IV SD KATOLIK I SANTO YOHANES TOMOHON

Authors

  • Aryanthi Mangamba Universitas Negeri Manado
  • Margareta O. Sumilat Universitas Negeri Manado
  • Brianne E. Jo. Komedien Universitas Negeri Manado

Keywords:

Problem Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Hasil Belajar

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPAS pada materi kebutuhan manusia melalui model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SD KATOLIK I SANTO YOHANES Tomohon. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 33 orang peserta didik yang terdiri dari 15 perempuan dan 18 laki-laki. Metode yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Menurut Kemmis dan Mc. Taggart dalam dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri atas empat tahap yaitu: perencanaan, Pelaksanaan/tindakan, Observasi, dan Refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu data awal hanya 42% atau 14 orang yang tuntas, siklus I mencapai 64,54% atau 20 Orang yang tuntas dimana hasil ini menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal 75 sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus II. Terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 88,18% atau 33 orang yang tuntas hal ini menunjukkan bahwa peserta didik telah mencapai bahkan melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal yaitu 75. Jadi kesimpulannya penggunaan model Problem Based Learning pada mata pelajaran IPAS tentang Kebutuhan Manusia dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2025-02-26

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>