KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD GMIM 20 TANDURUSA

Main Article Content

Kartini Dalawir
Hetty J. Tumurang
Maxie A. J. Liando

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk kerjasama antara guru dan orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa (2) hambatan-hambatan kerjasama guru dan orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa (3) upaya sekolah mengatasi hambatan-hambatan kerjasama guru dan orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini ialah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Kepala sekolah, wali kelas V dan orang tua siswa di SD GMIM 20 Tandurusa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah bentuk kerjasama guru dan orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah komunikasi, keterlibatan orang tua pada pembelajaran anak di rumah, hambatan-hambatan yang dialami pihak sekolah dalam menjalin kerjasama antara guru dan orang tua untuk meningkatkan hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal dan upaya yang dilakukan sekolah dalam mewujudkan kerjasama antara guru dan orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah (1) Memberikan pelayanan terbaik kepada orang tua siswa (2) Menyamakan persepsi dan nilai-nilai yang ditanamkan sekolah dengan nilai-nilai yang diajarkan orang tua dengan melakukan komunikasi awal (3) Memberikan kesempatan kepada orang tua untuk terlibat dalam pembelajaran di rumah.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>