PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V DI SDN INPRES LOPANA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ipa melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) kelas V SDN Inpres Lopana. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian oleh Kemmis dan Mc. Taggart (Aqib, 2006) dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1. Perencanaan, 2. Tindakan, 3. Observasi, dan 4. Refleksi yang digunakan pada dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pengamatan langsung proses pembelajaran dan tes. Data yang diperoleh dari proses pembelajaran dihitung dengan menggunakan rumus ketuntasan belajar (KB) yaitu jumlah skor yang diperoleh siswa (T) dibagi jumlah skor total (Tt) kemudian dikalikan seratus persen (100%). Hasil belajar yang diperoleh pada siklus I yaitu 64,06 % dan siklus II mencapai 82,18 % dalam hal ini terjadi peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN INPRES LOPANA sehingga pelaksanaan tindakan dapat dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Togetherdapat meningkatkan hasil belajar IPA di Kelas V SDN INPRES LOPANA, dan disarankan guru dapat menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Togetherdalam proses belajar mengajar IPA untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa.