PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V DI SDN INPRES LOPANA
Keywords:
Model pembelajaran numbered heads together, Hasil belajar, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ipa melalui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together< em> NHT kelas V SDN Inpres Lopana Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian oleh Kemmis dan Mc Taggart Aqib 2006 dengan langkah langkah sebagai berikut: 1 Perencanaan 2 Tindakan 3 Observasi dan 4 Refleksi yang digunakan pada dua siklus Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pengamatan langsung proses pembelajaran dan tes Data yang diperoleh dari proses pembelajaran dihitung dengan menggunakan rumus ketuntasan belajar KB yaitu jumlah skor yang diperoleh siswa T dibagi jumlah skor total Tt kemudian dikalikan seratus persen 100 Hasil belajar yang diperoleh pada siklus I yaitu 64 06 dan siklus II mencapai 82 18 dalam hal ini terjadi peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN INPRES LOPANA sehingga pelaksanaan tindakan dapat dikatakan berhasil Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together< em>dapat meningkatkan hasil belajar IPA di Kelas V SDN INPRES LOPANA dan disarankan guru dapat menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together< em>dalam proses belajar mengajar IPA untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id