PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD GMIM V TOMOHON
Main Article Content
Abstract
Dalam kegiatan Belajar Mengajar khususnya pada pembelajaran IPA, siswa diharapkan untuk aktif dalam berpikir, mencari tahu, dan menemukan. Akan tetapi fakta yang terjadi di lapangan siswa masih pasif saat mengikuti pembelajaran. Siswa belum percaya diri dalam bertanya dan mengeluarkan pendapat sehingga proses kegiatan belajar mengajar masih belum maksimal. Hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, karena dengan siswa tidak aktif selama mengikuti proses pembelajaran maka hasil belajar siswa tidak sesuai dengan yang diharapkan. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan metode inkuiri pada siswa kelas IV SD GMIM V Tomohon pada materi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes evaluasi hasil belajar siswa dan lembar pengamatan kegiatan guru dan siswa selama pelaksanaan proses pembelajaran IPA pada materi bentuk dan fungsi bagian tumbuhan. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada tindakan siklus I adalah 71,43% sedangkan pada tindakan siklus II rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 91,42%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inkuiri pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD GMIM V Tomohon. Dengan peningkatan hasil belajar siswa tersebut disarankan agar metode inkuiri dapat diterapkan pada pembelajaran lain.