PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD INPRES 4/82 WALIAN

Main Article Content

Indriani Latang
Widdy H. F. Rorimpandey
Danny A. Masinambow

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD
Inpres 4/82 Walian melalui penerapan model pembelajaran Student Team Achievement
Division. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April tahun 2023. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam model spiral
dari Kermmis dan MC.Taggart dalam Zainal Aqib (2006) yang meliputi 4 tahap yaitu : (1)
Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah 20
orang siswa kelas IV SD Inpres 4/82 Walian yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa
perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, pengamatan, aktivitas, dan tes
yang dibagikan kepada siswa dalam bentuk lembar evaluasi untuk melihat capaian hasil belajar
siswa. Teknik analisis data diperoleh melalui hasil tes yang dicapai oleh siswa yang dilakukan
diakhir pembelajaran. Hasil penelitian dilaksanakan dalam II siklus. Siklus I menunjukan
bahwa hasil belajar yang diperoleh yaitu 65,5%. Kemudian siklus II hasil yang diperoleh yaitu
81,5%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Student Team Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar IPA
siswa, khususnya pada siswa kelas IV SD Inpres 4/82 Walian.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>