PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL IPS KELAS V SD GMIM 2 TOMPASO
Keywords:
Model Kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division), Hasil belajar, IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran Koopratif tipe STAD (Student Team Achievement Division). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD GMIM 2 TOMPASO berjumlah 20 orang terdiri dari 9 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik presentase dan analisis menurut kategori tuntas dan belum tuntas melalui tes tertulis, interaksi siswa selama pembelajaran, serta sikap siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menyatakan pada siklus 1 adalah 35% & pada siklus II adalah 90% artinya berhasil dengan diterapkannya model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division). Disarankan kepada guru SD dapat menerapkan model pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) untuk meningkatkan pembelajaran IPS DI sekolah dasar.