PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATERI PERMASALAHAN SOCIAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMANSISWA KELAS V SD GMIM KOROR

Authors

  • Randy Tumalun Universitas Negeri Manado
  • Marien Pinontoan Universitas Negeri Manado
  • Sarah S. N. Tombokan Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Pembelajaran Talking Stick, Hasil Belajar, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penerapan model Pembelajaran Talking Stick pada materi permasalahan social untuk meningkatkan pemahamansiswa kelas V SD GMIM KOROR. dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan model spiral dari Kemmis dan Mc Taggart dengan empat tahapan: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD GMIM KOROR. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi (observasi dan tes). Sedangkan data yang diperoleh akan dianalisis dengan menghitung persentase dan rata-rata hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketercapaian hasil belajar pada siklus I sebesar 65,75%, pada siklus II meningkat menjadi 85,25%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD GMIM KOROR.

Downloads

Published

2024-11-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>