PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATERI PERMASALAHAN SOCIAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMANSISWA KELAS V SD GMIM KOROR
Keywords:
Model Pembelajaran Talking Stick, Hasil Belajar, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penerapan model Pembelajaran Talking Stick pada materi permasalahan social untuk meningkatkan pemahamansiswa kelas V SD GMIM KOROR. dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan model spiral dari Kemmis dan Mc Taggart dengan empat tahapan: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD GMIM KOROR. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi (observasi dan tes). Sedangkan data yang diperoleh akan dianalisis dengan menghitung persentase dan rata-rata hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketercapaian hasil belajar pada siklus I sebesar 65,75%, pada siklus II meningkat menjadi 85,25%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD GMIM KOROR.