FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGEMBANGAN KREATIVITAS SISWA DI SD IMPRES KAYAWU

Authors

  • Devira C. Manabung Universitas Negeri Manado
  • Widdy H. F. Rorimpandey Universitas Negeri Manado
  • Magdalena J. Kaunang Universitas Negeri Manado

Keywords:

Faktor, Kreativitas Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan kreativitas siswa di SD Inpres Kayawu. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa sangat penting dalam proses pembelajaran, memungkinkan mereka untuk menghasilkan ide-ide baru dan beradaptasi dengan berbagai situasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan kreativitas termasuk jenis kelamin, status sosial ekonomi, dan tingkat intelegensi siswa. Guru juga memiliki peran penting dalam mengatasi faktor-faktor tersebut dengan memberikan motivasi, pendekatan personal, dan memberikan apresiasi terhadap karya siswa. Penelitian ini menunjukkan perlunya perhatian terhadap keberagaman siswa dalam mengembangkan kreativitas mereka di kelas. Kesimpulannya, untuk meningkatkan kreativitas siswa, perlu adanya pendekatan yang personal dan motivasi dari guru, serta kerja sama antara guru dan siswa dalam menciptakan lingkungan belajar yang mendukung. Saran dari penelitian ini adalah perlunya pelatihan bagi guru untuk lebih memahami keberagaman siswa dan cara mengelola kelas yang memfasilitasi pengembangan kreativitas siswa secara efektif.

Downloads

Published

2024-11-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>