PENINGKATAN KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS V SD GMIM I WOLOAN
Keywords:
Ide Pokok Paragraf, Problem Based Learning (PBL), Bahasa IndonesiaAbstract
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di SD GMIM I Woloan khususnya kelas V yang berjumlah 20 siswa mengalami kesulitan dalam menemukan ide pokok paragraf Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan menemukan ide pokok paragraf dalam pembelajaran bahasa indonesia bagi siswa kelas V SD GMIM I Woloan Problem Based Learning < em> PBL adalah salah satu model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik tersebut dengan berbagai masalah yang dihadapi dalam kehidupannya Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas PTK dengan 4 tahap yaitu: perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan refleksi yang diterapkan dalam II siklus Hasil pada siklus I diperoleh hasil belajar siswa 66 5 dari jumlah siswa 20 orang 9 orang yang berhasil menerima materi dengan baik dan 11 orang siswa yang tidak berhasil Setelah memperbaiki kekurangan kekurangan pada siklus I maka penelitian pada siklus II memperoleh hasil belajar dengan presentasi 95 5 atau dapat dikatakan berhasil Dari jumlah 20 siswa 11 orangmemperoleh nilai 100 sedangkan 9 orang memperoleh nilai 90 Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa: penerapan model pembelajaran Problem Based Learning < em>dapat meningkatkan kemampuan menemukan ide pokok paragraf dalam pembelajaran bahasa indonesia di kelas V SD GMIM I Woloan dengan capaian siklus I sebesar 66 5 dan siklus II sebesar 95 5 < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id