PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III DI SD ADVENT TOMOHON
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III di SD Advent Tomohon dan untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III di SD Advent Tomohon. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, dengan keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III SD Advent Tomohon meliputi guru sebagai fasilitator, yaitu menyediakan fasilitas yang menarik agar siswa tertarik untuk belajar, sebagai pengarah/direktor, guru membangun hubungan yang baik dan mengarahkan siswa agar siswa senang belajar, sebagai motivator, guru memberikan apresiasi dan nasihat yang membangun motivasi belajar siswa. Kendala yang dialami guru dalam menigkatkan motivasi belajar siswa kelas III SD Advent Tomohon adalah masalah dalam keluarga yang dibawa ke sekolah, lingkungan yang kurang mendukung, dan kemajuan teknologi yang membawa pengaruh buruk bagi motivasi dan karakter siswa.