PENERAPAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SD GMIM 1 TOMOHON
Main Article Content
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil IPS siswa dengan Kelas V SD GMIM I Woloan melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas V SD GMIM 1 Woloan, dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki, dan 12 siswa perempuan. Dalam proses penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Pembelajaran Problem Solving. dari hasil pelaksanaan evaluasi pada siklus pertama, ditemukan bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS ini masih kurang, hanya mencapai 52,92%. dapat diperoleh dari hasil pelaksanaan evaluasi pada siklus kedua, ditemukan bahwa hasil belajar siswa dalam tematik sudah maksimal dan mencapai 91,6%. Hasil penelitian pada siklus II menunjukan kinerja guru dalam menerapkan model pembelajaran Problem Solving sudah baik hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang telah mencapai 91,6%. Pada proses kegiatan pembelajaran berlangsung siswa sudah mulai fokus dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran pada saat guru menjelaskan materi pembelajaran siswa sudah memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh guru. Dengan hasil belajar yang meningkat, dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Solving dalam pembelajaran tematik tentang dikatakan efektif atau dapat meningkat hasil belajar siswa. Dengan hasil penelitian yang maksimal pada siklus II ini, maka proses penelitian tidak dilanjutkan lagi ke siklus berikutnya.