PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SD GMIM VII TOMOHON

Authors

  • Esther G. Walangitan Universitas Negeri Manado
  • Widdy H. F. Rorimpandey Universitas Negeri Manado
  • Margareta O. Sumilat Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswamelalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) kelas IV SD GMIMVII Tomohon yang terdiri atas Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Refleksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa setelah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan diadakan tes individu pada siklus I memperoleh ketuntasan belajar 66, 3 % dan siklus II memperoleh ketuntasan belajar 85,93 %. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS materi kenampakan alam dan buatan siswa kelas IV SD GMIM VII Tomohon. Disarankan kepada guru- guru agar lebih memanfaatkan dan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran lainnya.

Downloads

Published

2024-11-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>