PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL DAN INTELEKTUAL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar dengan menggunakan model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengacu pada bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui 2 siklus dimana pada setiap siklus terdapat empat tahap dan pelaksanaannya dilakukan setiap siklusnya dalam dua kali pertemuan. Hal ini dilakukan agar supaya proses pembelajaran sejak pengenalan model sampai pada pelaksanaan dalam dilakukan dengan efektif.
Hasil tes akhir siklus I diperoleh nilai ketuntasan secara klasikal 58,75%. Dari hasil tes akhir siklus I tersebut, hasil belajar peserta didik sudah mengalami peningkatan bila di bandingkan dengan hasil tes awal yaitu 46,75. Sedangkan hasil tes akhir siklus II diperoleh nilai rata-rata peserta didik 96,75. Hasil tes akhir siklus II tersebut, hasil belajar peserta didik sudah mengalami peningkatan bila di bandingkan dengan hasil tes akhir siklus I yaitu 58,75. Berdasarkan hasil di atas dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar.