PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SDN INPRES PINARAS

Main Article Content

Michael A. Roring
Widdy H. F. Rorimpandey
Yusak Ratunguri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV dengan penerapan model pembelajaran Berbasis Masalah diartikan sebagai salah satu pembelajaran yang menekankan kegiatan guru dan siswa belajar yang berpusat pada siswa, yang memberikan tantangan bagi siswa untuk mencari Solusi dari pemasalahan dunia nyata secara individu maupun kelompok pada kelas IV SDN Inpres Pinaras. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dari Kemmis dan Mc. Taggart (dalam Aqib Zainal, 2006:31) dengan langkah-langkah : 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan Tindakan, 3. Observasi, dan 4. Refleksi, dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I mencapai 57,5% dan pada siklus II mencapai 85%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut, dapat disimpulkan bahwa pencapaian siswa dengan Model Pembelajaran Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Inpres Pinaras. Sebagai saran bagi guru kelas untuk menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam pembelajaran IPA yaitu dapat mengubah cara mengajar guru agar lebih kreatif, variatif dan lebih melibatkan siswa dalam proses pembelajaran di kelas.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>