PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SD GMIM KANEYAN

Authors

Keywords:

Model pembelajaran Cooperative Script, hasil belajar siswa, Bahasa Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD GMIM Kaneyan melalui penerapan model pembelajaran cooperative script Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas PTK yang dikemukakan oleh Kemmis dan Me Tagart yang terdiri dari 4 tahap yaitu : 1 tahap perencanaan 2 tahap pelaksanaan 3 tahap tindakan observasi dan 4 tahap refleksi yang dilakukan dalam dua siklus Subjek penelitian nbsp; siswa kelas IV SD GMIM Kaneyan jumlah siswa 25 orang Penerapan metode pembelajaran Cooperative Script < em>merupakan salah satu inovasi pembelajaran guna menigkatkan hasil belajar siswa dikarenakan semua siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran dan dalam mengeluarkan ide pendapat dari siswa Dengan adanya keterlibatan semua siswa tentunya akan berdampak positif terhadap hasil belajar siswa Jadi kesimpulannya dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Cooperative Script < em>dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD GMIM KANEYAN dimana pada siklus I capainnya adalah 72 8 sedangkan pada siklus II capainnya adalah 88 4 Hal ini menunjukan adanya peningkatan signifikan dibandingkan dengan hasil belajar pada siklus I < p>

References

Downloads

Published

2023-05-31

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)