PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV SD GMIM KANEYAN

Main Article Content

Meisela P. Wagiu
Non N. Monigir
Yusak Ratunguri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD GMIM Kaneyan melalui penerapan model pembelajaran cooperative script.. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikemukakan oleh Kemmis dan Me. Tagart, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu : (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap tindakan observasi, dan (4) tahap refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian  siswa kelas IV SD GMIM Kaneyan jumlah siswa 25 orang. Penerapan metode pembelajaran Cooperative Script merupakan salah satu inovasi pembelajaran guna menigkatkan hasil belajar siswa, dikarenakan semua siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran, dan dalam mengeluarkan ide/pendapat dari siswa. Dengan adanya keterlibatan semua siswa tentunya akan berdampak positif terhadap hasil belajar siswa. Jadi, kesimpulannya dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD GMIM KANEYAN dimana pada siklus I capainnya adalah 72,8% sedangkan pada siklus II capainnya adalah 88,4%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan signifikan dibandingkan dengan hasil belajar pada siklus I.

Article Details

Section
Articles