PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GMIM 5 TOMOHON
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi yang dilakukan dikelas V SD GMIM 5 Tomohon, dimana ditemukan dalam pelaksanaan pembelajaran guru masi menerapkan proses pembelajaran konvensional. Siswa sulit memahami akan materi sistem pencernaan pada manusia, sehingga hasil belajar siswa sangat kurang dari jumlah 23 orang siswa hanya 11 orang siswa yang mendapat nilai tinggi dan 12 orang siswa mendapat nilai rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Picture and Picture siswa kelas V SD GMIM 5 Tomohon. Rancangan yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) rancangan ini terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi di kembangkan oleh Kemmis dan MC. Tagart. Hasil belajar menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SD GMIM 5 Tomohon dapat memotivasi siswa dalam pembelajaran. Hasil yang dicapai pada siklus I mencapai 63% kemudian mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 88% dengan hasil yang baik.