PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GMIM AMURANG

Authors

  • Jovanka P. Sumarandak Universitas Negeri Manado
  • Widdy H. F. Rorimpandey Universitas Negeri Manado
  • Stelly V. Manawan Universitas Negeri Manado

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD GMIM Amurang melalui model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division). Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 4 tahap; perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan capaian siklus I adalah 67,4% dan siklus II adalah 91,4%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD GMIM Amurang pada mata pelajaran Matematika.

Downloads

Published

2022-08-31

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>