PENGGUNAAN METODE INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SDN 1 LALOW

Main Article Content

Fricilia A. Tatengkeng
Widdy H. Rorimpandey
Boby A. Lompoliu
Stelly M. Manawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui Penggunaan Metode Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Kelas IV SDN 1 Lalow. Metode yang digunakan Dalam Penelitian Ini yaitu Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan model spiral dari Kemmis dan Mc Taggart (Aqib Zainal, 2006:31) dengan empat tahap: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 1 Lalow. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teknik pengamatan (observasi dan tes). Sedangkan data yang diperoleh akan dianalisis dengan perhitungan persentase dan rata-rata hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pencapaian hasil belajar pada siklus I 76% pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86%. Dengan demikian penggunaan metode Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 1 Lalow.

Article Details

Section
Articles