PENGGUNAAN METODE INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SDN 1 LALOW
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui Penggunaan Metode Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Kelas IV SDN 1 Lalow. Metode yang digunakan Dalam Penelitian Ini yaitu Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan model spiral dari Kemmis dan Mc Taggart (Aqib Zainal, 2006:31) dengan empat tahap: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 1 Lalow. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teknik pengamatan (observasi dan tes). Sedangkan data yang diperoleh akan dianalisis dengan perhitungan persentase dan rata-rata hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pencapaian hasil belajar pada siklus I 76% pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86%. Dengan demikian penggunaan metode Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 1 Lalow.