PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SD GMIM 40 TANGGARI

Main Article Content

Kheysya J. R. Karundeng
Widdy H. Rorimpandey
Romi J. Mongdong

Abstract

Meningkatkan hasil belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah memungkinkan siswa mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah yang esensial, serta menghubungkan pengetahuan dengan konteks dunia nyata, menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna dan relevan bagi siswa. Dengan demikian, model ini tidak hanya meningkatkan prestasi akademik, tetapi juga mempersiapkan siswa dengan keterampilan yang diperlukan untuk sukses dalam kehidupan sehari-hari dan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas III SD GMIM 40 Tanggari dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD GMIM 40 Tanggari, yang berjumlah 14 orang yang terdiri dari 8 orang perempuan dan 6 orang laki-laki. Adapun untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana pada siklus pertama hasil belajar siswa baru mencapai 62,5% sehingga dilanjutkan pada siklus yang kedua yang diperbaiki proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa meningkat hingga 91,71% dari hasil ini Peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD GMIM 40 Tanggari pada mata pembelajaran IPS.

Article Details

Section
Articles