HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD GMIM TIWOHO PADA MASA COVID-19
Main Article Content
Abstract
Akibat mewabahnya virus covid-19 membuat banyak siswa merasa kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan pembelajaran online. Pembelajaran online membuat siswa tidak bisa leluasa untuk menyapaikan pendapat, berkreasi serta berinteraksi selama pembelajaran serta minimnya sinyal internet di daerah tempat tinggal siswa membuat para siswa tidak memiliki motivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa di SD GMIM Tiwoho pada masa covid-19 dan mengetahui dampak dari motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di SD GMIM Tiwoho pada masa covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan angka-angka yang dijumlahkan sebagai data yang kemudian dianalisis. Teknik pengumpulan data dari penelitian yaitu menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Populasi penelitian ini berjumlah 40 orang terdiri dari kelas 4, kelas 5, dan kelas 6. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu pengambilan sampel berstrata (Stratified Sampling). Pengambilah jumlah sampel disesuaikan dengan proporsi strata dalam populasi (Proportional Stratified Sampling) dengan demikian sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 21 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis korelasi sederhana dari Karl Pearson. Analisis korelasi pearson adalah analisis yang menekankan pada analisis kekuatan hubungan dari kedua variabel. Hasil penelitian menunjukan hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa di SD GMIM Tiwoho pada masa covid-19 berada pada tingkatan sedang, hal ini dibuktikan dengan nilai rhitung > rtabel, yaitu 0,733 > 0,433 dan nilai siginifikasi sebesar 0,03 < 0,05. Hasil penelitian ini menyatakan menerima H1 : terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa SD GMIM Tiwoho pada masa covid-19.