PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SD GMIM BUKIT KASIH GIRIAN PERMAI

Main Article Content

Dewianti Gurumias
Widdy H. Rorimpandey
Amiana M. Mogot
Ronny G. Dumanauw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) siswa kelas IV SD GMIM Bukit Kasih Girian Permai melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas IV, yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilaksanakan pada mata pelajaran PKN dengan sub tema Sumber Energi dan tema Selalu Berhemat Energi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I, nilai ketuntasan siswa adalah 68%, dan pada siklus II meningkat menjadi 96%. Hal ini meMBUKTIKAN bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD GMIM Bukit Kasih Girian Permai.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)