PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SD GMIM IV BITUNG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKN dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas IV, SD GMIM IV Bitung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus, prosedur dalam setiap siklus yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD GMIM IV Bitung. . Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I, penerapan model pembelajaran problem based learning dalam mata pelajaran PKN belum optimal, hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang hanya mencapai nilai rata-rata 62%. Dilanjutkan ke siklus II, dimana penerapan model pembelajaran problem based learning mampu meningkatkan hasil belajar PKN. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN meningkat mencapai nilai rata-rata 82%. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas IV di SD GMIM IV Bitung dapat meningkatkan hasil belajar PKN serta keaktifan belajar siswa.