PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KPK SISWA KELAS IV SD GMIM I TOMOHON

Main Article Content

Miskanita Lensehe
Fientje J. Oentoe
Kartini Ester

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem based Learning dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada materi Kelipatan Persekutuan Terkecil  siswa kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi dan dilaksanakan dalam II Siklus. Penelitian ini berlokasi di SD GMIM I Tomohon dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 17perempuan. Data hasil belajar diambil dengan tes hasil belajar dan faktor-faktor keberhasilan penelitian diperoleh melalui observasi. Hasil penelitian yang dilaksanakan dalam II siklus menunjukkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I adalah rata-rata siswa 56,42 dan presentase siswa yang mencapai KKM 42,85. Dilanjutkan ke siklus II dengan perolehan rata-rata siswa 74,28 dan presentase siswa yang mencapai KKM 71,42. Penggunaan alat peraga real merupakan salah satu cara meningkatkan hasil belajar siswa karena pembelajaran yang sangat kontekstual dengan dunia siswa sehingga membuat siswa lebih aktif dan mudah memahami materi Kelipatan Persekutuan Terkecil.

Article Details

Section
Articles