PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD KATOLIK STELLA MARIS GIRIAN
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD Katolik Stella Maris Girian dalam pembelajaran gaya dan gerak dengan menerapkan model problem based learning atau pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini di lakukan dengan menggunakan desain penelitian yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Pada siklus 1 ditemukan masih ada masalah yang terjadi sehingga hasil secara klasikal hanya 67,20% maka penelitian ini dilanjutkan dengan siklus II. Penelitian siklus II hasilnya meningkat dan mencapai 81,20%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar materi gaya dan gerak siswa kelas 4 SD Katolik Stella Maris Girian. Dan demikian dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah kiranya guru dan siswa dapat menambah wawasan dan lebih giat dalam melakukan aktivitas belajar mengajar didalam kelas.