PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD GMIM 140 PINELENG
Keywords:
Model pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar, IPSAbstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran IPS Di Kelas V SD GMIM 140 Pineleng Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas PTK yang mengacu pada desain penelitian oleh Kemmis dan Mc Taggart dengan empat tahap yakni: perencanaan pelaksanaan observasi nbsp; dan refleksi yang diterapkan dalam II siklus Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD GMIM 140 Pineleng yang berjumlah 29 orang siswa Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tes dan observasi Teknik pengolahan data melalui rumus presentase Hasil yang dicapai pada siklus I adalah 58 1 dikatakan belum berhasil Dengan demikian setelah memperbaiki kekurangan kekurangan yang ada pada siklus I maka penelitian pada siklus II memperoleh hasil belajar dengan presentase 87 2 atau dapat dikatakan sudah berhasil Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas V SD GMIM 140 Pineleng dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran berbasis masalah < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id