PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD GMIM 140 PINELENG

Main Article Content

Anastacia H. Polii
Jeffry S. J. Lengkong
Ronny G. Dumanauw
Risal M. Merentek

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran IPS Di Kelas V SD GMIM 140 Pineleng. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian oleh Kemmis dan Mc. Taggart dengan empat tahap, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi,  dan refleksi yang diterapkan dalam II siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD GMIM 140 Pineleng yang berjumlah 29 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tes dan observasi. Teknik pengolahan data melalui rumus presentase. Hasil yang dicapai pada siklus I adalah 58,1% dikatakan belum berhasil. Dengan demikian setelah memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada siklus I maka penelitian pada siklus II memperoleh hasil belajar dengan presentase 87,2% atau dapat dikatakan sudah berhasil. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas V SD GMIM 140 Pineleng dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)