PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD GMIM 140 PINELENG
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran IPS Di Kelas V SD GMIM 140 Pineleng. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian oleh Kemmis dan Mc. Taggart dengan empat tahap, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang diterapkan dalam II siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD GMIM 140 Pineleng yang berjumlah 29 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui tes dan observasi. Teknik pengolahan data melalui rumus presentase. Hasil yang dicapai pada siklus I adalah 58,1% dikatakan belum berhasil. Dengan demikian setelah memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada siklus I maka penelitian pada siklus II memperoleh hasil belajar dengan presentase 87,2% atau dapat dikatakan sudah berhasil. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas V SD GMIM 140 Pineleng dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.