Penerapan Model PBL dengan Pendekatan Kontekstual pada Pembelajaran Matematika Materi PLDV
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v2i1.1085Keywords:
Problem Based Learning, Kontekstual, Sistem Persamaan Linear Dua VariabelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rata rata hasil belajar siswa ketika menerapkan model Problem Based Learning< em> dengan pendekatan kontekstual lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang tidak menerapkan model Problem Based Learning< em> dengan pendekatan kontekstual Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lirung Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas VIII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 3 sebagai kelas control Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji t dengan syarat penelitian berdistribusi normal dan homogen Berdasarkan hasil perhitungan rumus statistik t didapat thitung < sub>= 6 06 Sedangkan nilai ttabel< sub> pada tabel distribusi t pada 0 05 diperoleh ttabel < sub>= 2 02 Karena thitung < sub> gt; ttabel< sub> yaitu thitung < sub>= 6 06 gt; ttabel < sub>= 2 02 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa yang mengikuti Problem Based Learning< em> dengan pendekatan kontekstual dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional Ini berarti bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning< em> dengan pendekatan kontekstual mempunyai nilai rata rata yang lebih tinggi dari pada nilai rata rata siswa yang tidak diajar menggunakan model Problem Based< em> Learning < em>dengan pendekatan kontekstual < p>
