Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Statistika Kelas XII
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v4i2.5132Keywords:
Media Pembelajaran, Sparkol Videoscribe, Hasil BelajarAbstract
Pelaksanaan riset berikut dilatarbelakangi dengan hasil observasi yang ditemukan saat era pandemi covid-19 di SMA Negeri 1 Langowan bahwasanya hasil belajar matematika murid belum meraih Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) serta keluhan murid mengenai minimnya pengetahuan konsep terkait materi yang diberikan karena materi yang diberikan hanya dikirimkan dalam bentuk teks untuk dipelajari siswa secara mandiri maka murid merasakan kebosanan dan malas belajar, serta menganggap matematika itu sulit. Penyelenggaraan riset mempunyai tujuan supaya memahami apakah hasil belajar murid yang mempergunakan media pengajaran Sparkol Videoscribe lebih tinggi daripada murid yang mempergunakan pengajaran konvensional untuk materi statistika kelas XII di SMA Negeri 1 Langowan. Metode riset yakni eksperimen dan mempunyai desain riset yaitu Randomized Subjects Posttest Only Control Group Design. Pengambilan sampel dari 2 kelas dengan mengacak yakni kelas XII MIPA 1 yang merupakan kelas eksperimen serta kelas XII MIPA 3 yang merupakan kelas kontrol berjumlah masing-masing kelas yaitu 30 siswa. Data hasil riset dilakukan analisis mempergunakan uji-t dan menandakan bahwa nilai thitung = 16,833 > ttabel = 2,002 bertaraf nyata α = 0,05 ini maknanya tolak H0 sementara terima H1. Maka begitu, hasil belajar murid yang mempergunakan media pengajaran Sparkol Videoscribe lebih tinggi daripada murid yang mempergunakan pengajaran konvensional. Artinya penggunaan media pengajaran Sparkol Videoscribe berpengaruh kepada hasil belajar murid dalam materi statistika kelas XII di SMA Negeri 1 Langowan.