Penerapan Model PBL Melalui Pendekatan PMRI Pada Pembelajaran Matematika Materi PLSV Dan PtLSV
DOI:
https://doi.org/10.53682/marisekola.v1i1.648Keywords:
Problem Based Learning, PMRI, Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu VariabelAbstract
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui rata–rata hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model Problem Based Learning melalui pendekatan PMRI dan rata – rata hasil belajar peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimen. Subjek pada penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VII A sebagai kelas kontrol dengan jumlah keseluruhannya 38 siswa di SMP Negeri 1 Wori. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah The Nonequivalent Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data yaitu melalui tes hasil belajar dan analisis data menggunakan uji perbandingan rata – rata dua kelompok (uji t). Hasil perhitungan uji t diperoleh nilai = 2,341 > = 2,028. Sehingga tolak dan terima , artinya rata–rata hasil belajar peserta didik yang diajarkan menggunakan model Problem Based Learning melalui pendekatan PMRI lebih dari yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional.