Investigating Education Students’ Numeracy Skills

Authors

  • Ermita Ermita Universitas Negeri Manado
  • Khadijah Khadijah Universitas Patompo
  • Sutamrin Sutamrin Universitas Negeri Makassar
  • Rosauli N. Samosir Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/marisekola.v4i2.8470

Keywords:

Asesmen Kompetensi Minimum, Penilaian Kompetensi Minimum, Pendidikan Siswa, Berhitung

Abstract

Sehubungan dengan terbitnya Permendikbudristek No. 17 Tahun 2021 tentang Asesmen Nasional, khususnya Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), literasi dan numerasi menjadi perbincangan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Namun penelitian mengenai topik ini hanya berkisar pada siswa sekolah dasar dan menengah. Penelitian yang berkaitan dengan tingkat numerasi orang dewasa masih sedikit, dalam hal ini adalah guru atau mahasiswa di program studi pendidikan (mahasiswa yang sedang menjalani pelatihan menjadi guru). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagian mana dari numerasi yang menjadi kelemahan mahasiswa program studi pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Penelitian ini melibatkan tiga mahasiswa pendidikan dari salah satu universitas di Sulawesi Utara. Data yang dikumpulkan bertujuan untuk mengetahui kemampuan berhitung mahasiswa prodi pendidikan berdasarkan kemampuannya dalam menyelesaikan soal-soal jenis AKM. Peneliti menganalisis pekerjaan tiga siswa pendidikan pada tes yang terdiri dari tiga jenis soal yang berbeda (masalah numerasi yang mirip dengan soal-soal AKM). Berdasarkan studi ini, peneliti menemukan bahwa mahasiswa prodi pendidikan yang terlibat dalam penelitian, mengalami masalah dalam memahami konsep matematika yang disajikan dalam konteks tertentu. Ketiganya masih memahami matematika sebagai mata pelajaran yang perlu dihafal rumusnya dibandingkan memahami cara pengembangan rumusnya.

Downloads

Published

2024-10-03

Issue

Section

Articles