Pengaruh Model Problem Based Learning PBL Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v3i1.1076Keywords:
problem based learning, literasi siswa, suhu dan kalorAbstract
Rendahnya keterampilan belajar dan berinovasi serta kurangnya penguasaan media dan informasi oleh peserta didik menyebabkan proses pembelajaran kurang efektif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning< em> PBL terhadap kemampuan literasi sains siswa pada sub topik suhu dan kalor kelas VIII di SMP Negeri 4 Dumoga Subjek penelitian adalah siswa kelas kelas VIII SMP Negeri 4 Dumoga Metode yang digunakan adalah quasi eksperimental design< em> dengan rancangan penelitian menggunakan pretest posttest control group design< em> Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan sampel siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang diajarkan menggunakan metode konvensional dan siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model PBL Instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal pilihan ganda dan essay< em> untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai sebesar 0 029 lt; 0 05 Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PBL terhadap kemampuan literasi sains siswa pada sub topik suhu dan kalor kelas VIII di SMP Negeri 4 Dumoga Hal ini terlihat pada nilai rata rata kemampuan literasi sains siswa yang diajarkan dengan menggunakan model PBL lebih tinggi dari rata rata kemampuan literasi sains siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional < p>
References
Al Tabany T I B 2014 Mendesain model pembelajaran: inovatif progresif dan kontekstual Jakarta: Prenadamedia Group
Anjarsari P 2014 Literasi sains dalam kurikulum dan pembelajaran IPA SMP In Prosiding Semnas Pensa VI Peran Literasi Sains 602 607 Universitas Negeri Surabaya
Ardianto D Rubini B 2016 Comparison of students scientific literacy in integrated science learning through model of guided discovery and problem based learning Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 5 1 31 37
DeBoer G E 2000 Scientific literacy: Another look at its historical and contemporary meanings and its relationship to science education reform Journal of Research in Science Teaching: The Official Journal of the National Association for Research in Science Teaching 37 6 582 601
Depdiknas 2005 Rencana strategis departemen pendidikan nasional 2005 2009 Jakarta: Pusat Informasi dan Humas Depdiknas
Giriyanti P Pramadi R A Listiawati M 2017 Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem kelas X SMA Jurnal Skripsi Pendidikan Biologi 1 1 8
Istyadji M 2007 Penerapan paduan model pembelajaran siklus belajar dengan kooperatif GI untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa SMA Skripsi PPs Universitas Negeri Malang
Juleha S Nugraha I Feranie S 2019 The effect of project in problem based learning on students scientific and information literacy in learning human excretory system Journal of Science Learning 2 2 33 41
Poluakan C 2012 The Effects Of High Scientific Literacy Self Efficacy And Achievement Motivation On Teachers Ability To Compose Effective Tests: Case Study From Manado Indonesia Journal of College Teaching Learning TLC 9 4 313 326
Pratama B C 2019 Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 3 2 84 88
Purwanto M N 2019 Prinsip prinsip dan teknik evaluasi pengajaran Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Sanjaya W 2016 Stategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan Jakarta: Prenadamedia
Sugiyono 2012 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Sujarwo D 2012 Pengaruh metode pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar Skripsi Universitas Muslim Nusantara UMN Al Washliyah
Suroso 2012 Penerapan model pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar sains siswa kelas v sd no 5 bandung Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia
Thomson S De Bortoli L 2008 Exploring Scientific Literacy: How Australia measures up The PISA 2006 survey of students scientific reading and mathematical literacy skills Camberwell Vic : ACER Press
Toharudin U Hendrawati S Rustaman A 2011 Membangun literasi sains peserta didik Bandung: Humaniora
Yuliati Y 2017 Literasi sains dalam pembelajaran IPA Jurnal cakrawala Pendas 3 2 21 28
