Pengaruh Model Pembelajaran Science Technology Society (STS) Berbasis Multiple Representation Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP Kristen Tongke di Era Pandemi Covid-19

Authors

  • Grace A. Naram Universitas Negeri Manado
  • Cosmas Poluakan Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v2i2.1097

Keywords:

science technology society, multiple representation, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Science Technology Society (STS) berbasis multiple representation terhadap hasil belajar IPA siswa SMP Kristen Tongke di era pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment menggunakan rancangan penelitian non equivalent control group design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil dari semua populasi dengan menggunakan teknik sampling jenuh yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 15 orang. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 21 dan diperoleh nilai sig sebesar 0,001 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran STS berbasis multiple representation terhadap hasil belajar IPA siswa SMP Kristen Tongke di era pandemi covid-19.

References

Aji, R. H. S. (2020). Dampak covid-19 pada pendidikan di Indonesia: sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(5), 395-402.

Fadhilah, A., Ermayanti, E., & Anwar, Y. (2018). Pengaruh pembelajaran berbasis multi representasi pada materi sistem pernapasan terhadap kemampuan kognitif peserta didik di kelas XI lintas minat biologi SMA Srijaya Negara Palembang. Skripsi. Universitas Sriwijaya.

Hasbullah, H., Halim, A., & Yusrizal, Y. (2018). Penerapan pendekatan multi representasi terhadap pemahaman konsep gerak lurus. JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA), 2(2), 69-74.

Marpaung, N., Liliasari, L., & Setiawan, A. (2016, November). Identifikasi kemampuan multipel representasi mahasiswa calon guru fisika. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 445-449).

Marwah, D., Wahyudin, D., & Johan, R. C. (2017). Efektivitas penerapan model pembelajaran Science Technology and Society (STS) terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Edutechnologia: Educational Technologia, 3(2), 171-182.

Nugraheni, A. A., & Wuryandani, W. (2018). The effect of science technology and society models on science process skills. Informasi: Kajian Ilmu Komunikasi, 48(2), 213-227.

Poedjiadi, A. (2010). Sains teknologi masyarakat: model pembelajaran kontekstual bermuatan nilai. Bandung: PT Remaja Rosdakarya bekerjasama dengan Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Poluakan, C., Kapubau, Y. V., Suryani, N. W., Sumampouw, H. M., & Rungkat, J. (2020, June). Use of the Science Technology and Society (STS) model with the help of Facebook in science learning for junior high school students. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1567, No. 4, p. 042019). IOP Publishing.

Rachmawati, D., & Rohaeti, E. (2018). Pengaruh model pembelajaran sains, teknologi, dan masyarakat terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 6(1), 29-39.

Santoso, A. M., Sajidan, S., & Sudarisman, S. (2013). Penerapan model science technology society melalui eksperimen lapangan dan eksperimen laboratorium ditinjau dari sikap peduli lingkungan dan kreativitas verbal siswa. Inkuiri, 2(03).

Sufiantini, D., Rahayu, D., & Sri, R. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis model pembelajaran Science Technology Society (STS) dalam peningkatan penguasaan materi dan pencapaian berpikir kritis pada peserta didik SMA. E-Journal Pendidikan Fisika, 6(1), 50-58.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles