Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Anugerah Tondano pada Pembelajaran IPA di Era Pandemi Covid 19

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v3i1.1845

Keywords:

motivasi belajar, IPA, covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa kelas VII SMP Anugerah Tondano pada pembelajaran IPA di era pandemi Covid 19 Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif Subjek dalam penelitian ini berjumlah 12 siswa kelas VII Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket motivasi belajar siswa yang berisi delapan indikator tentang motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di era pandemi Covid 19 Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik angket sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari total 12 siswa sebagai subjek penelitian terdapat 1 siswa yang memiliki motivasi belajar sangat tinggi 2 siswa memiliki motivasi belajar tinggi 6 siswa memiliki motivasi belajar sedang 2 siswa memiliki motivasi belajar rendah dan 1 siswa memiliki motivasi belajar sangat rendah Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan peneliti menyimpulkan bahwa motivasi belajar siswa kelas VII SMP Anugerah Tondano pada pembelajaran IPA di era pandemi Covid 19 termasuk pada kategori motivasi belajar sedang dengan persentase sebesar 76 < p>

References

Azwar S 2013 Penyusunan skala psikologi edisi kedua Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Fauziah A Rosnaningsih A Azhar S 2017 Hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang Jurnal Jpsd 4 1 47 53

Glynn S M Brickman P Amstrong N Taasoobshirazi G 2011 Science motivation questionnaire II: validation with science majors and nonscience major Journal of Research in Science Teaching 48 10 1159 1176

Mustofa M I Chodzirin M Sayekti L Fauzan R 2019 Formulasi model perkuliahan daring sebagai upaya menekan disparitas kualitas perguruan tinggi Walisongo Journal of Information Technology 1 2 151 160

Nakayama M Mutsuura K Yamamoto H 2014 Impact of learner s characteristics and learning behaviour on learning performance during a fully online course The Electronic Journal of e Learning 12 4 394 408

Novianti N R 2011 Kontribusi pengelolaan laboratorium dan motivasi belajar siswa terhadap efektivitas proses pembelajaran Jurnal Pendidikan MIPA Edisi Khusus 1 158 166

Puspitasari D B 2012 Hubungan antara persepsi terhadap iklim kelas dengan motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Bancak Yogyakarta: Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan 1 2

Sadirman A M 2014 Interaksi dan motivasi belajar mengajar Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sari N Sunarno W Sarwanto 2018 analisis motivasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika sekolah menengah atas Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 3 1 17 32

Susilo A B 2012 Pengembangan model pembelajaran IPA berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan berpikir kritis siswa SMP Journal of Primary Educational 1 1 57 63

Syachtiyani W R Trisnawati N 2021 Analisis motivasi belajar dan hasil belajar siswa di masa pandemi covid 19 Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 2 1 90 101

Szpunar K K Moulton S T Schacter D L 2013 Mind wandering and education: from the classroom to online learning Frontiers in psychology 4 495

Tokan M K Imakulata M M 2019 The effect of motivation and learning behaviour on student achievement South African Journal of Education 39 1 1 8

Winata I K 2021 Konsentrasi dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran online selama masa pandemi covid 19 Jurnal Komunikasi Pendidikan 5 1 13 24

Winkel W S 1983 Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar Jakarta: Gramedia

Downloads

Published

2022-06-30

Issue

Section

Articles