Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Anugerah Tondano pada Pembelajaran IPA di Era Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v3i1.1845Keywords:
motivasi belajar, IPA, covid-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa kelas VII SMP Anugerah Tondano pada pembelajaran IPA di era pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 12 siswa kelas VII. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket motivasi belajar siswa yang berisi delapan indikator tentang motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di era pandemi Covid-19. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari total 12 siswa sebagai subjek penelitian terdapat 1 siswa yang memiliki motivasi belajar sangat tinggi, 2 siswa memiliki motivasi belajar tinggi, 6 siswa memiliki motivasi belajar sedang, 2 siswa memiliki motivasi belajar rendah, dan 1 siswa memiliki motivasi belajar sangat rendah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwa motivasi belajar siswa kelas VII SMP Anugerah Tondano pada pembelajaran IPA di era pandemi Covid-19 termasuk pada kategori motivasi belajar sedang dengan persentase sebesar 76%.
References
Azwar, S. (2013). Penyusunan skala psikologi. edisi kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal Jpsd, 4(1), 47-53.
Glynn, S. M., Brickman, P., Amstrong, N., & Taasoobshirazi, G. (2011). Science motivation questionnaire II: validation with science majors and nonscience major. Journal of Research in Science Teaching, 48(10), 1159-1176.
Mustofa, M.I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi model perkuliahan daring sebagai upaya menekan disparitas kualitas perguruan tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151-160.
Nakayama, M., Mutsuura, K., & Yamamoto, H. (2014). Impact of learner’s characteristics and learning behaviour on learning performance during a fully online course. The Electronic Journal of e-Learning, 12(4), 394-408.
Novianti, N. R. (2011). Kontribusi pengelolaan laboratorium dan motivasi belajar siswa terhadap efektivitas proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan MIPA, Edisi Khusus (1), 158-166.
Puspitasari, D. B. (2012). Hubungan antara persepsi terhadap iklim kelas dengan motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Bancak. Yogyakarta: Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 1(2).
Sadirman, A. M. (2014). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sari, N., Sunarno, W., & Sarwanto. (2018). analisis motivasi belajar siswa dalam pembelajaran fisika sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(1), 17-32.
Susilo, A. B. (2012). Pengembangan model pembelajaran IPA berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan berpikir kritis siswa SMP. Journal of Primary Educational, 1(1), 57-63.
Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis motivasi belajar dan hasil belajar siswa di masa pandemi covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90-101.
Szpunar, K. K., Moulton, S. T., & Schacter, D. L. (2013). Mind wandering and education: from the classroom to online learning. Frontiers in psychology, 4, 495.
Tokan, M. K. & Imakulata, M. M. (2019). The effect of motivation and learning behaviour on student achievement. South African Journal of Education, 39(1), 1-8.
Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran online selama masa pandemi covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13-24.
Winkel, W. S. (1983). Psikologi pendidikan dan evaluasi belajar. Jakarta: Gramedia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Marlina A. Gani, Widya Anjelia Tumewu, Brian Ricard Wola
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.