Penerapan Pendekatan Multi Representasi Terhadap Kemampuan Metakognitif Materi Sistem Reproduksi Manusia SMP Negeri 2 Halut

Authors

  • Sri Kevin S. Alaratu Universitas Negeri Manado
  • Herry M. Sumampouw Universitas Negeri Manado
  • Jovialine Albertine Rungkat Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v4i2.2842

Keywords:

pendekatan multi representasi, metakongnitif

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Metakognitif peserta didik materi sistem reproduksi pada manusia dengan penerapan pendekatan multi representasi di SMP Negeri 2 Halmahera Utara (HALUT). Subjek penelitian ini berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik rata-rata pada siklus II adalah 86,67 dengan ketuntasan belajar 88%. Hasil observasi aktivitas pesrta didik dan guru pada siklus II berada pada kategori sangat baik dengn rata-rata skor masing-masing sebesar 3,8 dan 4,0. Hasil tersebut telah mencapai indikator keberhasilan (KKM ≥ 70) sehingga penelitian tindakan dihentikan, sampai pada siklus II. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa dengan penerapan pendekatan multi representasi terhadap kemampuan metakongnitif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Halmahera Utara.

References

Arikunto, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dudeliany, J. A., Mahardika, I. K., & Maryani, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) disertai LKS Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran IPA-Fisika Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(3), 254-259.

Herawati, R.F., Mulyani, S., dan Redjeki, T. (2013). Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi Ditinjau Dari Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Laju Reaksi Siswa SMA Negeri I Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal pendidikan kimia 2(2), 38-43.

Kurniasih, D., Novia, H., & Jauhari, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Pendekatan Multirepresentasi Terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA. Jurnal Phi; Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan, 1(2), 5-11.

Malahayati, E. N., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2015). Hubungan keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar biologi siswa sma dalam pembelajaran problem based learning (pbl). Jurnal Pendidikan Sains, 3(4), 178-185.

Prakoso, B. E., Djudin, T., & Hamdani, H. (2019). Analisis Kemampuan Multirepresentasi Peserta Didik Dalam Mengerjakan Soal Gerak Lurus Berubah Beraturan Di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(6), 1-13.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil. Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sanjaya, A. (2011). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Septiyana, K., Prasetyo, A. P. B., & Christijanti, W. (2013). Jurnal belajar sebagai strategi berpikir metakognitif pada pembelajaran sistem imunitas. Journal of Biology Education, 2(1), 1-9.

Suhandi, A., & Wibowo, F.C. (2012). Pendekatan Multirepresentasi Dalam Pembelajaran Usaha Energi dan Dampak Terhadap Pehamahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8(1), 1-7.

Uno, Hamzah B. (2015). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles