Penerapan Pendekatan Multi Representasi Terhadap Kemampuan Metakognitif Materi Sistem Reproduksi Manusia SMP Negeri 2 Halut
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v4i2.2842Keywords:
pendekatan multi representasi, metakongnitifAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Metakognitif peserta didik materi sistem reproduksi pada manusia dengan penerapan pendekatan multi representasi di SMP Negeri 2 Halmahera Utara HALUT Subjek penelitian ini berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki laki dan 10 siswa perempuan Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas PTK Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Perencanaan Pelaksanaan Observasi dan Refleksi Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik rata rata pada siklus II adalah 86 67 dengan ketuntasan belajar 88 Hasil observasi aktivitas pesrta didik dan guru pada siklus II berada pada kategori sangat baik dengn rata rata skor masing masing sebesar 3 8 dan 4 0 Hasil tersebut telah mencapai indikator keberhasilan KKM 70 sehingga penelitian tindakan dihentikan sampai pada siklus II Dari hasil penelitian membuktikan bahwa dengan penerapan pendekatan multi representasi terhadap kemampuan metakongnitif peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Halmahera Utara < p>
References
Arikunto S 2015 Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: PT Bumi Aksara
Dudeliany J A Mahardika I K Maryani M 2021 Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah PBM disertai LKS Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran IPA Fisika Di SMP Jurnal Pembelajaran Fisika 3 3 254 259
Herawati R F Mulyani S dan Redjeki T 2013 Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi Ditinjau Dari Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Laju Reaksi Siswa SMA Negeri I Karanganyar Tahun Pelajaran 2011 2012 Jurnal pendidikan kimia 2 2 38 43
Kurniasih D Novia H Jauhari A 2020 Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Pendekatan Multirepresentasi Terhadap Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA Jurnal Phi; Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan 1 2 5 11
Malahayati E N Corebima A D Zubaidah S 2015 Hubungan keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar biologi siswa sma dalam pembelajaran problem based learning pbl Jurnal Pendidikan Sains 3 4 178 185
Prakoso B E Djudin T Hamdani H 2019 Analisis Kemampuan Multirepresentasi Peserta Didik Dalam Mengerjakan Soal Gerak Lurus Berubah Beraturan Di SMA Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 8 6 1 13
Purwanto 2013 Evaluasi Hasil Belajar Yogyakarta: Pustaka Belajar
Sanjaya A 2011 Model model Pembelajaran Jakarta: Bumi Aksara
Septiyana K Prasetyo A P B Christijanti W 2013 Jurnal belajar sebagai strategi berpikir metakognitif pada pembelajaran sistem imunitas Journal of Biology Education 2 1 1 9
Suhandi A Wibowo F C 2012 Pendekatan Multirepresentasi Dalam Pembelajaran Usaha Energi dan Dampak Terhadap Pehamahaman Konsep Mahasiswa Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8 1 1 7
Uno Hamzah B 2015 Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif Jakarta: Bumi Aksara
