Pengembangan LKS IPA Berbasis Model Problem Based Learning Pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMP Negeri 3 Tondano

Authors

  • Lindisya G. Tengor Universitas Negeri Manado
  • Meike Paat Universitas Negeri Manado
  • Ni Wayan Suriani Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v4i2.4119

Keywords:

lembar kerja siswa, problem based learning

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan lembar kerja siswa menggunakan model problem based learning yang layak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengikuti tahapan penelitian menurut Borg dan Gall. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tondano. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah wawancara dan angket (angket ahli materi dan ahli media). Berdasarkan penilaian angket ahli materi terhadap LKS yang dikembangkan memperoleh skor 82 dengan persentase penilaian 97% dan penilaian ahli media memperoleh skor 82 dengan persentase penilaian 93% dengan kategori sangat baik maka dapat disimpulkan bahwa produk Lembar Kerja Siswa berbasis model problem based learnig ini sudah layak digunakan dalam pelaksaan pembelajaran IPA pada siswa SMP materi keanekaragaman hayati.

References

Arafah S. F., Priyono, B., & Ridlo, S. (2012). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis berpikir kritis pada materi Animalia. Unnes Journal of Biology Education 1(1), 5-81.

Arikunto, S. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arnyana, & Putu, B. (2006). Perencanaan dan Desain Model-model pembelajaran. Singaraja : Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UNDIKSHA.

Arsyad, A. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Kooperatif pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 88-92.

Barrett, T., & Cashman, D. (2010). A Practitioners’ Guide to Inquiry and Problem based Learning. Dublin: UCD Teaching and Learning.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Askara.

Kembuan, G & Paat, M. (2020). Development of ploblem based learning based student worksheets to improve student learning outcomes in Poigar 1 public middle school. International Journal of Multidisciplinary Education and Research, 4(5), 16-20.

Mulyasa. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Paat, M., Kawuwung, F. R., & Mokalu, Y. B. (2021). Penerapan LKS Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi SMPN 5 Tondano. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 5(2), 469-470.

Palilingan, R.N. (2014). Bentuk Langkah-langkah Metode R&D. Manado: Universitas Negeri Manado.

Pariska, I. S, Elniati, & Syafriandi. (2012). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah”. Jurnal Pendidikan, 1(1), 75-80.

Santyasa, I & Sukadi. (2009). Model-model Pembelajaran Inovatif. Singaraja : UNDIKSHA.

Saidah, N., Parmin, & Ratna, D. (2014). Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Problem Based Learning Melalui Lesson Study Tema Ekosistem dan Pelestarian Lingkungan. Unnes Science Educational Journal. 3(2), 549-556.

Sari, D., Budiarso, A., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan kemampuan Higher Order Thingking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran IPA. Jurnal BASICEDU, 6(3), 3699-3712.

Setyanto, H., Sudirman, & Ratna, D. (2015). Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Problem Based Learning Pada Tema Pencemaran Lingkungan Guna menumbuhkan Karakter Kemandirian Siswa. Unnes Science Educational Journal, 4(3), 990-997.

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung. Alfabeta

Trianto. (2007). Model pembelajaran terpadu dalam toeri dan praktek. Jakarta: Prestasi pustaka.

Trianto.(2010). Mendesain Model Pembelajaran InovatifProgresif. Jakarta : Kencana.

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles