Pengembangan LKS IPA Berbasis Model Problem Based Learning Pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMP Negeri 3 Tondano
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v4i2.4119Keywords:
lembar kerja siswa, problem based learningAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan lembar kerja siswa menggunakan model problem based learning < em>yang layak Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Research and Development < em>dengan mengikuti tahapan penelitian menurut Borg dan Gall < em>Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tondano Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah wawancara dan angket angket ahli materi dan ahli media Berdasarkan penilaian angket ahli materi terhadap LKS yang dikembangkan memperoleh skor 82 dengan persentase penilaian 97 dan penilaian ahli media memperoleh skor 82 dengan persentase penilaian 93 dengan kategori sangat baik maka dapat disimpulkan bahwa produk Lembar Kerja Siswa berbasis model problem based learnig< em> ini sudah layak digunakan dalam pelaksaan pembelajaran IPA pada siswa SMP materi keanekaragaman hayati < p>
References
Arafah S F Priyono B Ridlo S 2012 Pengembangan lembar kerja siswa berbasis berpikir kritis pada materi Animalia Unnes Journal of Biology Education 1 1 5 81
Arikunto S 2009 Evaluasi Program Pendidikan Jakarta: Bumi Aksara
Arnyana Putu B 2006 Perencanaan dan Desain Model model pembelajaran Singaraja : Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UNDIKSHA
Arsyad A 2012 Media Pembelajaran Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Astuti Y Setiawan B 2013 Pengembangan Lembar Kerja Siswa LKS Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Kooperatif pada Materi Kalor Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 2 1 88 92
Barrett T Cashman D 2010 A Practitioners Guide to Inquiry and Problem based Learning Dublin: UCD Teaching and Learning
Departemen Pendidikan Nasional 2003 Undang Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Jakarta: Depdiknas
Hamalik O 2013 Proses Belajar Mengajar Jakarta : Bumi Askara
Kembuan G Paat M 2020 Development of ploblem based learning based student worksheets to improve student learning outcomes in Poigar 1 public middle school International Journal of Multidisciplinary Education and Research 4 5 16 20
Mulyasa 2013 Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyasa 2006 Menjadi Guru Profesional Bandung: Remaja Rosdakarya
Paat M Kawuwung F R Mokalu Y B 2021 Penerapan LKS Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi SMPN 5 Tondano Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan 5 2 469 470
Palilingan R N 2014 Bentuk Langkah langkah Metode R D Manado: Universitas Negeri Manado
Pariska I S Elniati Syafriandi 2012 Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah Jurnal Pendidikan 1 1 75 80
Santyasa I Sukadi 2009 Model model Pembelajaran Inovatif Singaraja : UNDIKSHA
Saidah N Parmin Ratna D 2014 Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Problem Based Learning Melalui Lesson Study Tema Ekosistem dan Pelestarian Lingkungan Unnes Science Educational Journal 3 2 549 556
Sari D Budiarso A Wahyuni S 2022 Pengembangan E LKPD Berbasis Problem Based Learning PBL Untuk Meningkatkan kemampuan Higher Order Thingking Skill HOTS Pada Pembelajaran IPA Jurnal BASICEDU 6 3 3699 3712
Setyanto H Sudirman Ratna D 2015 Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Problem Based Learning Pada Tema Pencemaran Lingkungan Guna menumbuhkan Karakter Kemandirian Siswa Unnes Science Educational Journal 4 3 990 997
Sugiyono 2010 Statistika Untuk Penelitian Bandung Alfabeta
Trianto 2007 Model pembelajaran terpadu dalam toeri dan praktek Jakarta: Prestasi pustaka
Trianto 2010 Mendesain Model Pembelajaran InovatifProgresif Jakarta : Kencana
