Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving CPS Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VIII SMP Negeri 3 Belang Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v4i2.4962Keywords:
creative problem solving, mind mapping, sistem pencernaan pada manusiaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving< em> CPS berbantuan mind mapping< em> terhadap hasil belajar IPA kelas VIII SMP Negeri 3 Belang pada materi sistem pencernaan pada manusia Rancangan penelitian ini adalah quasi experimental < em>dengan pretest posttest nonequivalent control group design< em> pada sampel kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 20 siswa Data hasil penelitian menunjukkan rata rata nilai pretest< em> kelas eksperimen yaitu 40 5 dan rata rata nilai posttest< em> kelas eksperimen yaitu 82 sedangkan rata rata nilai pretest< em> kelas kontrol yaitu 32 dan rata rata nilai posttest< em> kelas kontrol yaitu 71 75 Data dianalisis menggunakan statistik uji t dengan nilai thitung< sub> 207 41 dan nilai ttabel< sub> 1 685 pada taraf < em>=5 Berdasarkan pada kriteria penerimaan Ha< sub> yaitu thitung< sub> gt;ttabel< sub> Maka H0< sub> ditolak dan Ha< sub> diterima Kesimpulannya terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving< em> CPS berbantuan mind mapping< em> terhadap hasil belajar IPA kelas VIII SMP Negeri 3 Belang pada materi sistem pencernaan pada manusia < p>
References
Dimyati Mudjiono 2008 Pengukuran dalam bidang pendidikan Jakarta: PT Grasindo
Fitriyah N Hariani S A Fikri K 2015 Pengaruh model pembelajaran creative problem solving dengan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar ipa biologi Jurnal Edukasi 2 2 44 50
Kustian N G 2021 Penggunaan metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik 1 1 30 37
Lubis R Herlina M Rukmana J 2019 Pengaruh model pembelajaran think pair share menggunakan media mind mapping terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains 2 2 160 178
Lukmetiabla H P 2018 Penerapan metode bermain peran pada materi perkembangan manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas viii smp negeri 6 tondano Skripsi Universitas Negeri Manado
Marxy A 2017 Pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar matematika siswa JKPM Jurnal Kajian Pendidikan Matematika 2 2 173 182
Sugiyono 2016 Metode penelitian pendekatan kuantitatif kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Totiana F 2012 Efektivitas model pembelajaran creative problem solving cps dilengkapi media pembelajaran laboratorium virtual terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok koloid kelas xi ipa semester genap sma n 1 karanganyar tahun pelajaran 2011 2012 Jurnal Pendidikan Kimia 1 1 74 79
Wahyu W Rusmansyah R Sholahuddin A 2017 Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy siswa menggunakan model creative problem solving pada materi sistem koloid Vidya Karya 32 1 36 44
Wardani K S K Rahmatih A N Sriwarthini N L P N Nurwahidah N Astria F P 2020 Pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap hasil belajar siswa Edumatsains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains 5 1 9 18
