Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VIII SMP Negeri 3 Belang Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia

Authors

  • Novia Pandaleke Universitas Negeri Manado
  • Zusje W. M. Warouw Universitas Negeri Manado
  • Fransiska Harahap Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v4i2.4962

Keywords:

creative problem solving, mind mapping, sistem pencernaan pada manusia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar IPA kelas VIII SMP Negeri 3 Belang pada materi sistem pencernaan pada manusia. Rancangan penelitian ini adalah quasi experimental dengan pretest posttest nonequivalent control group design pada sampel kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 20 siswa. Data hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen yaitu 40,5 dan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yaitu 82 sedangkan rata-rata nilai pretest kelas kontrol yaitu 32 dan rata-rata nilai posttest kelas kontrol yaitu 71,75. Data dianalisis menggunakan statistik uji-t dengan nilai thitung 207,41 dan nilai ttabel 1,685 pada taraf α=5%. Berdasarkan pada kriteria penerimaan Ha yaitu thitung>ttabel. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar IPA kelas VIII SMP Negeri 3 Belang pada materi sistem pencernaan pada manusia.

References

Dimyati & Mudjiono. (2008). Pengukuran dalam bidang pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.

Fitriyah, N., Hariani, S. A., & Fikri, K. (2015). Pengaruh model pembelajaran creative problem solving dengan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar ipa biologi. Jurnal Edukasi, 2(2), 44-50.

Kustian, N. G. (2021). Penggunaan metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 30-37

Lubis, R., Herlina, M., & Rukmana, J. (2019). Pengaruh model pembelajaran think pair share menggunakan media mind mapping terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 2(2), 160-178.

Lukmetiabla, H. P. (2018). Penerapan metode bermain peran pada materi perkembangan manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas viii smp negeri 6 tondano. Skripsi. Universitas Negeri Manado.

Marxy, A. (2017). Pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar matematika siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(2), 173-182.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Totiana, F. (2012). Efektivitas model pembelajaran creative problem solving (cps) dilengkapi media pembelajaran laboratorium virtual terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok koloid kelas xi ipa semester genap sma n 1 karanganyar tahun pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 74-79.

Wahyu, W., Rusmansyah, R., & Sholahuddin, A. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy siswa menggunakan model creative problem solving pada materi sistem koloid. Vidya Karya, 32(1), 36-44.

Wardani, K. S. K., Rahmatih, A. N., Sriwarthini, N. L. P. N., Nurwahidah, N., & Astria, F. P. (2020). Pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap hasil belajar siswa. Edumatsains: Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 5(1), 9-18.

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles