Pengembangan Subject Specific Pedagogy Fisika Berbasis PjBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa

Authors

  • Oldi Lambonan Politeknik Negeri Manado
  • Steven Johny Runtuwene Politeknik Negeri Manado
  • Marson James Budiman Politeknik Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v3i2.5687

Keywords:

ssp, pjbl, berpikir tingkat tinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan SSP berbasis PjBL yang memenuhi kriteria layak dan mendeskripsikan keefektifan SSP berbasis PjBL terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa teknik elektro pada mata kuliah fisika terapan Desain penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan Semmel amp; Semmel dengan langkah langkah pengembangan meliputi: define< em> dilakukan studi pendahuluan analisis peserta didik analisis tugas dan analisis konsep design< em> berkaitan dengan perancangan format SSP dan penyusunan draf SSP develop< em> merupakan tahap perbaikan draf awal berdasarkan validasi ahli dan uji coba terbatas kemudian diujicoba di jurusan teknik elektro politeknik negeri manado dan disseminate< em> terbatas dengan menyerahkan produk kepada dosen fisika program studi diploma 3 teknik listrik dan program studi sarjana terapan teknik listrik Produk yang dikembangkan berupa RPS bahan ajar LKM beserta instrumen penelitian Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas 1 TL 3 dan 1 TL 4 program studi sarjana terapan teknik listrik Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar validasi SSP lembar observasi lembar tes kemampuan berpikir tingkat tinggi Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan uji beda dengan manova pada taraf signifikansi 5 Hasil penelitian ini adalah: 1 SSP berbasis PjBL yang dikembangkan terdiri dari RPS bahan ajar buku LKM tes berpikir tingkat tinggi memenuhi kriteria layak berdasarkan penilaian ahli dan dosen fisika serta melalui uji coba luas di program studi sarjana terapan teknik listrik 2 SSP berbasis PjBL yang dikembangkan efektif meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika program studi sarjana terapan teknik listrik < p>

References

Anderson L W Krathwohl D R 2015 Kerangka landasan untuk pembelajaran pengajaran dan asesmen revisi taksonomi pendidikan bloom Yogyakarta: Pustaka Belajar

Borich G D 1994 Observation skill for effective teaching New York: Mac Millian Publishing Company

Erfan M Ratu T 2018 Pencapaian hots higher order thinking skills mahasiswa program studi pendidikan fisika fkip universitas samawa Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 4 2 208 212

Guilford J P 1956 Fundamental statistics in psychology and education New York: McGraw Hill

Harta J Rasuh N T Seriang A 2020 Using hots based chemistry national exam questions to map the analytical abilities of senior high school students Journal of Science Leraning 3 3 143 148

Koehler M J Mishra P 2008 Introducing tpck in aacte committe on innovation and technology eds handbook of technological content knowledge tpck for educators New York: Routledge

Lawshe C H 1975 A quantitative approach to content validity Personnel Psychology 28 4 563 575

Rochman S Hartoyo Z 2018 Analisis high order thinking skills hots SPEJ Science and Physics Education Journal 1 2 78 88

Ramdiah S Royani M Malang U M Kleij D 2019 Understanding planning and implementation of hots by senior high school biology teachers in banjarmasin indonesia International Journal of Instruction 12 1 425 440

Sanjaya W 2017 Strategi pembelajaran Jakarta: Kencana Prenada Media

Saputro O A Rayahu T S 2020 Perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning pjbl dan problem based learning pbl berbantuan media monopoli Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 4 1 185 193

Shulman L S 1987 Knowledge and teaching: foundation of the new reform Harvard Educational Review 57 1 1 2

Sucipto S 2017 Pengembangan ketrampilan berpikir tingkat tinggi dengan menggunakan strategi metakognitif model pembelajaran problem based learning JP Jurnal Pendidikan : Teori dan Praktik 2 1 77 85

Thiagarajan Semmel Semmel 1974 Instructional development for training teachers of exceptional children a source book Indiana: ERIC

Wahyuni S 2019 Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep mahasiswa mata kuliah kapita selekta matematika pendidikan dasar fkip umsu Jurnal EduTech 5 1 84 88

Wulandari Y Jannah M 2019 January Penerapan model project based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas v min 38 aceh besar In Prosiding Seminar Nasional Biotik 6 1 793 797

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles