Pengembangan Subject Specific Pedagogy Fisika Berbasis PjBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v3i2.5687Keywords:
ssp, pjbl, berpikir tingkat tinggiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan SSP berbasis PjBL yang memenuhi kriteria layak dan mendeskripsikan keefektifan SSP berbasis PjBL terhadap peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa teknik elektro pada mata kuliah fisika terapan. Desain penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, & Semmel dengan langkah-langkah pengembangan meliputi: define, dilakukan studi pendahuluan, analisis peserta didik, analisis tugas, dan analisis konsep, design, berkaitan dengan perancangan format SSP dan penyusunan draf SSP, develop, merupakan tahap perbaikan draf awal berdasarkan validasi ahli dan uji coba terbatas kemudian diujicoba di jurusan teknik elektro politeknik negeri manado, dan disseminate terbatas dengan menyerahkan produk kepada dosen fisika program studi diploma 3 teknik listrik dan program studi sarjana terapan teknik listrik. Produk yang dikembangkan berupa RPS, bahan ajar, LKM beserta instrumen penelitian. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas 1 TL 3 dan 1 TL 4 program studi sarjana terapan teknik listrik. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar validasi SSP, lembar observasi, lembar tes kemampuan berpikir tingkat tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan uji beda dengan manova pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini adalah: (1) SSP berbasis PjBL yang dikembangkan terdiri dari RPS, bahan ajar (buku), LKM, tes berpikir tingkat tinggi memenuhi kriteria layak berdasarkan penilaian ahli dan dosen fisika serta melalui uji coba luas di program studi sarjana terapan teknik listrik. (2) SSP berbasis PjBL yang dikembangkan efektif meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika program studi sarjana terapan teknik listrik.
References
Anderson, L. W. & Krathwohl, D. R. (2015). Kerangka landasan untuk pembelajaran, pengajaran, dan asesmen revisi taksonomi pendidikan bloom. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Borich, G. D. (1994). Observation skill for effective teaching. New York: Mac Millian Publishing Company.
Erfan, M. & Ratu, T. (2018). Pencapaian hots (higher order thinking skills) mahasiswa program studi pendidikan fisika fkip universitas samawa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(2), 208-212.
Guilford, J. P. (1956). Fundamental statistics in psychology and education. New York: McGraw Hill.
Harta, J., Rasuh, N. T., & Seriang, A. (2020). Using hots-based chemistry national exam questions to map the analytical abilities of senior high school students. Journal of Science Leraning, 3(3), 143-148.
Koehler, M. J., & Mishra, P. (2008). Introducing tpck in aacte committe on innovation and technology (eds), handbook of technological content knowledge (tpck) for educators. New York: Routledge.
Lawshe, C. H. (1975). A quantitative approach to content validity. Personnel Psychology, 28(4), 563-575.
Rochman, S. & Hartoyo, Z. (2018). Analisis high order thinking skills (hots). SPEJ (Science and Physics Education Journal), 1(2), 78-88.
Ramdiah, S., Royani, M., Malang, U. M., & Kleij, D. (2019). Understanding, planning, and implementation of hots by senior high school biology teachers in banjarmasin - indonesia. International Journal of Instruction, 12(1), 425-440.
Sanjaya, W. (2017). Strategi pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Saputro, O. A., & Rayahu, T. S. (2020). Perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran project based learning (pjbl) dan problem based learning (pbl) berbantuan media monopoli. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185-193.
Shulman, L. S. (1987). Knowledge and teaching: foundation of the new reform. Harvard Educational Review, 57(1), 1-2.
Sucipto, S. (2017). Pengembangan ketrampilan berpikir tingkat tinggi dengan menggunakan strategi metakognitif model pembelajaran problem based learning. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(1), 77-85.
Thiagarajan, Semmel, & Semmel. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children a source book. Indiana: ERIC.
Wahyuni, S. (2019). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep mahasiswa mata kuliah kapita selekta matematika pendidikan dasar fkip umsu. Jurnal EduTech, 5(1), 84-88.
Wulandari, Y., & Jannah, M. (2019, January). Penerapan model project based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas v min 38 aceh besar. In Prosiding Seminar Nasional Biotik, 6(1), 793-797.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Oldi Malfri Lambonan, Steven Johny Runtuwene, Marson James Budiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.