Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Sains Menggunakan Model Pembelajaran Inovatif Construction Deconstruction Reconstruction Provocation CDR Po

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v3i2.5717

Keywords:

Keterampilan berpikir kreatif, sains, model pembelajaran CDR-Po

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif IPA dengan menggunakan model pembelajaran CDR Po pada siswa SMP yang minim akses informasi Model CDR Po terdiri dari empat fase yaitu menciptakan suasana kreatif humor dan motivasi intrinsik mengkonstruksi konsep mendekonstruksi konsep dan membangkitkan ide serta merekonstruksi konsep dan menerima ide Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan one group pretest and posttest design< em> Responden penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 8 Satap Tondano Sulawesi Utara kelas VII yang berjumlah 11 siswa Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif untuk ketiga indikator fluency flexibility originality < em> dengan peningkatan tertinggi pada originality< em> Namun demikian secara umum peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa tergolong rendah < p>

References

Amtiningsih S Dwiastuti S Sari D P 2016 Peningkatan kemampuan berpikir kreatif melalui penerapan guided inquiry dipadu brainstorming pada materi pencemaran air Proceeding Biology Education Conference 13 1 868 872

Bacanli H Dombayci M A Demir M Tarhan S 2011 Quadruple thinking: creative thinking Procedia Social and Behavioral Sciences 12 1 536 544

Harahap F 2019 Model Pembelajaran construction deconstruction reconstruction provocation cdr po untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran sains smp Disertasi Program Pacasarjana Universitas Negeri Surabaya

Krop H D Alegre C E Williams C D 1969 Effect of induced stress on convergent and divergent thinking Psychological Reports 24 3 895 898

Rapika D Salsabila H Lintang M Lestari S Adi B 2018 Profil keterampilan berpikir kreatif siswa di salah satu smp negeri surakarta BIOSFER: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi 3 1 13 19

Sugiyanto F N Masykuri M 2018 April Analysis of senior high school students creative thinking skills profile in Klaten regency In Journal of Physics: Conference Series 1006 1 p 012038 IOP Publishing

Van der Zanden P J Meijer P C Beghetto R A 2020 A review study about creativity in adolescence: where is the social context? Thinking Skills and Creativity 38 100702

Vidal R V V 2006 Creative and problem solving the art and the science eBook Diakses 17 Agustus 2022 dari www imm dtu dk

World Intellectual Property Organization 2021 Global innovation index: tracking innovation through the covid 19 crisis Diakses 17 Agustus 2022 dari https: www wipo int global_innovation_index en 2021

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles