Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di SMP Negeri 1 Dumoga
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v4i2.6575Keywords:
LKPD, sistem pernapasan manusia, PBLAbstract
Pembelajaran IPA harus memperhatikan bahan ajar dan model pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Lembar kerja peserta didik dapat mempermudah peserta didik untuk belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis problem based learning pada materi sistem pernapasan manusia. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Pengambilan data dilakukan dengan angket. Berdasarkan dari hasil penelitian yaitu (1) menghasilkan produk LKPD berbasis problem based learning pada materi sistem pernapasan manusia di SMP Negeri 1 Dumoga, (2) Produk LKPD layak digunakan dengan perolehan persentase keseluruhan aspek ahli materi sebesar 96% dan ahli media sebesar 90%, persentase tersebut dalam kriteria Sangat Layak dan uji coba kelompok kecil yang terdiri dari 10 peserta didik yang memperoleh hasil sekitar 86%, sehingga LKPD yang dikembangkan oleh peneliti termasuk dalam kriteria Sangat Baik.
References
Arikunto. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Banjarani, T., Putri, A.N., & Hindrasti, N. E. K. (2020). Praktikalitas lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis problem based learning pada materi sistem ekskresi untuk siswa kelas viii smp. Student Online Jurnal (SOJ) UMRAH-Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 451-456.
Chan, F. (2017). Implementasi guru menggunakan metode pembelajaran pembelajaran daring di sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 106-123.
Devi, R. & Raharjo, R. (2020). Validitas lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis life skill pada materi sistem pernapasan manusia. Jurnal Bio Edu, 9(1), 88-92.
Herzon, H. H., Budijanto, & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh problem based learning (pbl) terhadap keterampilan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46.
Imelda, & Anazelina, D. (2019). Respon siswa terhadap pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan higher order thinking skill. Jurnal of Mathematics Education and Science, 5(1), 11–19.
Kembuan, G., Tumbel, F. M., & Paat, M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta siswa berbasis problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di smp negeri 1 poigar. Jurnal Dunia Edukasi Pendidikan IPA, 1(1), 24-32.
Mainam, M. (2018). Penerapan metode stad guna meningkatkan hasil belajar ipa kelas iii sdn 002 sekip hulu semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 2(11), 1271-1281.
Pistanty, M. A., Sunarno, W., & Maridi. (2015). Pengembangan modul ipa berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Jurnal Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 2, 70-79.
Riduwan. (2016). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Jawa Barat: Anggota Ikatan Penerbit Indonesi (AKAPI).
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni Wayan Gita Andini, Jovialine Albertine Rungkat, Ni Wayan Suriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.