Identifikasi Prinsip Fisika Pada Rumah Adat Minahasa di Woloan Untuk Pembelajaran Fisika
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v4i2.7955Keywords:
prinsip fisika, rumah adat minahasa, woloan, kearifan lokal, pembelajaran kontekstualAbstract
Rumah adat termasuk rumah adat Minahasa di Woloan adalah bagian dari warisan budaya. Rumah adat ini memiliki perpaduan unik antara kearifan lokal dan penerapan prinsip-prinsip fisika pada struktur bangunannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi prinsip-prinsip fisika yang terdapat dalam konstruksi Rumah Adat Minahasa di Woloan sebagai salah satu sumber alternatif pembelajaran fisika. Metode penelitian ini menggunakan kajian literatur dan observasi langsung untuk mengeksplorasi keterkaitan antara konsep fisika dengan konstruksi Rumah Adat Minahasa dengan jenis penelitian yaitu kualitatif deskriktif. Analisis dilakukan terhadap data yang dikumpulkan untuk memperoleh pemahaman tentang bagaimana prinsip-prinsip fisika dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran fisika yang terdapat pada rumah adat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat prinsip fisika pada rumah adat di Woloan seperti prinsip gaya, kesetimbangan benda tegar dan kalor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rumah adat Minahasa di Woloan dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran fisika yang diharapkan dapat menjadi landasan untuk pengembangan materi pembelajaran fisika yang kontekstual dan berbasis kearifan lokal yang juga merupakan upaya untuk memperkaya pengetahuan dan melestarikan warisan budaya bangsa.
References
Angelina, O. P., & Maryani, M. (2023). Implementation of stem project-based learning (pjbl) student worksheet through the “otok-otok” boat game on engineering thinking skills. Momentum: Physics Education Journal, 7(1), 116-124.
Arfianawati, S., Sudarmin, & Sumarni, W. (2016). Model pembelajaran kimia berbasis etnosains untuk mengembangkan literasi sains siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1), 46-51.
Arsyi, N., Arsyad, M., & Palloan, P. (2023). Analisis komponen rumah adat saoraja lapinceng sebagai pembelajaran fisika pada materi kesetimbangan benda tegar. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 19(2), 235-243.
Arsyi, N., Arsyad, M., Palloan, P., & Hasyi, M. (2023). Using the saoraja lapinceng traditional house as a media for local wisdom based-physics learning on equilibrium of rigid body. Jurnal Pendidikan, 24(1), 98-113.
Darma, K. A. S. (2020). Prinsip Pengendalian pasif fisika bangunan rumah tradisional bale saka roras. Vitruvian, 9(2), 109-114.
Fajriyani, F. (2023). Structure of tongkonan traditional house buildings as a source of physics learning. Al-Khazini: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 1-15.
Febrianty, W., Saputra, R. D., Amri, H. Al, Rahmat, F. N., Handayani, R. D., Dwi, P., Putra, A., Studi, P., Fisika, P., Jember, U., & Lokal, K. (2023). Eksplorasi konsep fisika kesetimbangan benda tegar pada permainan tradisional engklek sebagai bahan pembelajaran fisika. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 109–120.
Halliday, D., Resnick, R., & Walker, J. (2013). Fundamentals of physics. John Wiley & Sons.
Jefriyanto, W., Joni, L., Pakiding, A., & Pawarangan, I. (2022). Identifikasi prinsip fisika pada tiang bangunan rumah adat tongkonan pada suku toraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 530-538.
Kolibu, S. I. I., Matheosz, J. N., & Mulianti, T. (2018). Arsitektur rumah adat minahasa di kelurahan woloan kecamatan tomohon barat kota tomohon. Holistik, Journal of Social and Culturef Social and Culture, 11(22), 1-17.
Laos, L. E., & Tefu, M. (2020). The development of physics teaching materials based on local wisdom to improve students’ critical thinking ability. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 5(2), 107-114.
Makalew, F. P., Rumbayan, R., & Senduk, N. (2022). Identification characteristic of energy efficient timber house. In Lecture Notes in Civil Engineering (Vol. 215). Springer Singapore.
Makawekes, A. D., Rumagit, G. A. J., & Talumingan, C. (2019). Analisis keuntungan usaha rumah kayu cv tumou pratama di kelurahan woloan 1 kecamatan tomohon barat. Agri-Sosioekonomi, 15(1), 17-26.
Marwati. (2014). Studi rumah panggung tahan gempa woloan di minahasa manado. Jurnal Teknosains, 8(1), 95–108.
Matsun, Andrini, V. S., Maduretno, T. W., & Yusro, A. C. (2019). Development of physics learning e-module based on local culture wisdom in Pontianak, West Kalimantan. Journal of Physics: Conference Series, 1381(1), 1-7.
Mawarni, S. A., Supeno, S., Nuha, U., & Iqbal, M. (2023). Kajian fisika dan pembelajarannya pada proses pembangunan rumah. ORBITA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 9(1), 64-72.
Nassaji, H. (2015). Qualitative and descriptive research: Data type versus data analysis. Language Teaching Research, 19(2), 129–132.
Pawarangan, I., Medellu, C., & Wagania, H. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika sma materi hukum newton dan penerapannya sebagai penunjang implementasi kurikulum 2013. JSME Mipa Unima, 1(6).
Pratomo, S., Putri, N., Pujaningsih, F. B., Kurniawan, W., & Bahar, F. F. (2020). Prinsip fisika pada pondasi tiang kayu rumah tradisional seberang kota jambi. In Prosiding Seminar Struktur dalam Arsitektur 2020, 4, 049-055.
Pujaningsih, F. B., Kurniawan, W., Putri, N., Bahar, F. F., & Pratomo, S. (2021). The analysis of physics concepts application on the foundation structure of the Jambi’s traditional house to build character education. Journal of Physics: Conference Series, 1731(1), 1-7.
Pujayanto, P. (2015). Diagram gaya normal. In Prosiding : Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika, 6(6), 340-344.
Saputra, H. (2018). Analisis konsepsi siswa konsep dinamika gerak di sman kabupaten aceh barat daya. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 1(1), 21–31.
Sendow, D. C., Solang, J. A., Kondoj, T. H. I., Gumolili, Y. J. H., & Lumare, M. A. (2023). Customs and culture of the woloan community as a potential tourism village in tomohon city. SIGn Journal of Tourism, 1(1), 1-16.
Sholihah, L., Putri, N., & Handayani, R. (2023). Analisis konsep momen gaya, momen inersia, dan keseimbangan benda tegar pada rumah adat osing banyuwangi. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains Dan Terapan (INTERN), 2(2), 76-84.
Syarif, I., & Abuamar Ratuloly, M. (2020). Penanaman nilai kearifan lokal pada peserta didik melalui pendidikan multikultular. Heritage, 1(2), 185-197.
Wijaya, A. A., Syarifuddin, S., & Dhita, A. N. (2021). Nilai-Nilai kearifan lokal rumah adat kajang lako di jambi. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(1), 60-69.
Wuntu, G., & Pangemanan, S. S. (2014). Risk management analysis in small and medium enterprise of wooden traditional house industry in woloan. Jurnal EMBA, 2(3), 370-378.
Yanik, B. (2017). An ethnographic approach to education: what are you doing in this village?. Online Submission, 8(26), 113-118.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ishak Pawarangan, Jeilen Gabriela Nikita Nusa, Vicky Julius Mawuntu, Wilson Jefriyanto, Bergita Saka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.