Pengembangan Perangkat Model Experiential Learning dan Teknik Penilaian Kinerja pada Perkuliahan Termodinamika
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v4i2.8214Keywords:
perangkat, experiential learning, penilaian kinerjaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model experiential learning < em>dan teknik penilaian kinerja pada mata kuliah termodinamika Metodologi yang diterapkan pada penelitian ini menggunakan mix method < em>dengan model pengembangan 4D Define Design Development < em>dan Desseminate< em> < em> Hasil dari penelitian ini adalah perangkat yang dihasilkan adalah Valid dan dapat digunakan tanpa revisi Hasil tersebut menjelaskan bahwa perangkat pembelajaran berupa modul LKPD dan materi model experiential learning < em>dan teknik penilaian kinerja yang dikembangkan efektif digunakan pada kegiatan pembelajaran < p>
References
Budiarso A S 2017 Analisis validitas perangkat pembelajaran fisika model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA pada materi listrik dinamis Jurnal Edukasi 4 2 15 20
Kembuan G Tumbel F Paat M 2019 Development of problem based learning based student worksheets to improve student learning outcomes in Poigar 1 public middle school Development 4 5 16 20
Hajjah M Munawaroh F Yuniasti A Wulandari R Hidayati Y 2022 Implementasi model experiential learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa Jurnal Natural Science Educational Research 5 1 79 88
Karim S A Parenreng J M Hafizh A 2022 Pengembangan modul pembelajaran mata kuliah jaringan komputer di prodi PTIK UNM Information Technology Education Journal 1 1 75 78
Kurniawati F N A 2022 Meninjau permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di indonesia dan solusi Academy of Education Journal 13 1 1 13
Makahinda T Silangen P Pesik A 2019 Pengembangan perangkat pembelajaran proyek dan penilaian proyek dalam perkuliahan termodinamika FRONTIERS: Jurnal Sains dan Teknologi 2 2
Maulana I Leonard L 2018 Pendekatan konstruktivisme dengan strategi pembelajaran tugas dan paksa In Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018 1 1
Maulida S I Budi Adnyana P Ayu I 2022 Pengembangan e book berbasis problem based learning pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah untuk siswa di MAN Karangasem Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha 9 2 116 129
Mc Pherson Geyser G de Villiers R Kavai P 2020 The use of experiential learning as a teaching strategy in life sciences International Journal of Instruction 13 3 877 894
Monoarfa I Arbie A Nuayi W 2022 Pengembangan perangkat pembelajaran team based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Islam Alauddin Makassar 11 1 117 131
Najwa N Gunawan G Sahidu H Harjono A 2022 Pengembangan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi 8 SpecialIssue 31 37
Ngkunda H A G Makahinda T Tulandi D A 2023 Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis model experiential learning dengan pendekatan konstruktivisme di SMA Negeri 2 Tondano Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika 4 3 142 153
Nurfatimah S A Hasna S Rostika D 2022 Membangun kualitas pendidikan di indonesia dalam mewujudkan program sustainable development goals SDGs Jurnal Basicedu 6 4 6145 6154
Ramansyah W Aini N Arkadiantika I Satiantoro A F R N 2020 Development of virtual reality technology in environmental pollution media learning content for junior high school students In Journal of Physics: Conference Series 1511 1 p 012026 IOP Publishing
Saputra T B R E Nur M Purnomo T 2019 Pengembangan pembelajaran inkuiri berbantuan PhET untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa JSEP Journal of Science Education and Practice 1 1 20 31
Shulhu A D Wilujeng I Kuswanto H 2019 Analysis of students critical thinking skills using partial credit models PCM in physics learning International Journal of Educational Research Review 4 2 245 253
Siregar N Sutopo H Paat M 2019 Mobile multimedia based batakologi learning model development Journal of Mobile Multimedia 271 288
Tumewu W A Wowor E C Mokalu Y B 2023 Minat belajar mahasiswa dalam penggunaan infografis sebagai media pembelajaran IPA pada pembelajaran daring SCIENING: Science Learning Journal 4 1 38 45
Widiyasari R Astriyani A Irawan V K 2020 Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan bantuan media evaluasi thatquiz Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika 6 2 141 154
Witri G Syahrilfuddin Guslinda 2018 Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk memfasilitasi belajar mandiri mahasiswa calon guru sd pada konsep bilangan program studi PGSD FKIP Universitas Riau Pekanbaru Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau 7 2 218 226
Zuhryzal A Fatimah M 2019 Keefektifan model experiential learning terhadap motivasi dan hasil belajar IPA Indonesian Journal of Conservation 8 2
