Pengembangan Perangkat Model Experiential Learning dan Teknik Penilaian Kinerja pada Perkuliahan Termodinamika

Authors

  • Tineke Makahinda Universitas Negeri Manado
  • Ferdy Dungus Universitas Negeri Manado
  • Yohanes Bery Mokalu Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v4i2.8214

Keywords:

perangkat, experiential learning, penilaian kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model experiential learning dan teknik penilaian kinerja pada mata kuliah termodinamika. Metodologi yang diterapkan pada penelitian ini menggunakan mix method dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Desseminate). Hasil dari penelitian ini adalah perangkat yang dihasilkan adalah “Valid” dan dapat digunakan tanpa revisi. Hasil tersebut menjelaskan bahwa perangkat pembelajaran berupa modul, LKPD dan materi model experiential learning dan teknik penilaian kinerja yang dikembangkan efektif digunakan pada kegiatan pembelajaran.

References

Budiarso, A. S. (2017). Analisis validitas perangkat pembelajaran fisika model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA pada materi listrik dinamis. Jurnal Edukasi, 4(2), 15-20.

Kembuan, G., Tumbel, F., & Paat, M. (2019). Development of problem based learning based student worksheets to improve student learning outcomes in Poigar 1 public middle school. Development, 4(5), 16-20.

Hajjah, M., Munawaroh, F., Yuniasti, A., Wulandari, R., & Hidayati, Y. (2022). Implementasi model experiential learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Natural Science Educational Research, 5(1), 79–88.

Karim, S. A., Parenreng, J. M., & Hafizh, A. (2022). Pengembangan modul pembelajaran mata kuliah jaringan komputer di prodi PTIK UNM. Information Technology Education Journal, 1(1), 75-78.

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di indonesia dan solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1-13.

Makahinda, T., Silangen, P., & Pesik, A. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran proyek dan penilaian proyek dalam perkuliahan termodinamika. FRONTIERS: Jurnal Sains dan Teknologi, 2(2).

Maulana, I., & Leonard, L. (2018). Pendekatan konstruktivisme dengan strategi pembelajaran tugas dan paksa. In Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, 1(1).

Maulida, S. I., Budi Adnyana, P., & Ayu, I. (2022). Pengembangan e-book berbasis problem based learning pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah untuk siswa di MAN Karangasem. Jurnal Pendidikan Biologi Undiksha, 9(2), 116–129.

Mc Pherson-Geyser, G., de Villiers, R., & Kavai, P. (2020). The use of experiential learning as a teaching strategy in life sciences. International Journal of Instruction, 13(3), 877–894.

Monoarfa, I., Arbie, A., & Nuayi, W. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran team based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Islam Alauddin Makassar, 11(1), 117–131.

Najwa, N., Gunawan, G., Sahidu, H., & Harjono, A. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 8(SpecialIssue), 31-37.

Ngkunda, H. A. G., Makahinda, T., & Tulandi, D. A. (2023). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis model experiential learning dengan pendekatan konstruktivisme di SMA Negeri 2 Tondano. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(3), 142-153.

Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). Membangun kualitas pendidikan di indonesia dalam mewujudkan program sustainable development goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 6145–6154.

Ramansyah, W., Aini, N., Arkadiantika, I., & Satiantoro, A. F. R. N. (2020). Development of virtual reality technology in environmental pollution media learning content for junior high school students. In Journal of Physics: Conference Series, 1511(1), p.012026. IOP Publishing.

Saputra, T. B. R. E., Nur, M., & Purnomo, T. (2019). Pengembangan pembelajaran inkuiri berbantuan PhET untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa. JSEP (Journal of Science Education and Practice), 1(1), 20-31.

Shulhu, A. D., Wilujeng, I., & Kuswanto, H. (2019). Analysis of students critical thinking skills using partial credit models (PCM) in physics learning. International Journal of Educational Research Review, 4(2), 245–253.

Siregar, N., Sutopo, H., & Paat, M. (2019). Mobile multimedia-based batakologi learning model development. Journal of Mobile Multimedia, 271-288.

Tumewu, W. A., Wowor, E. C., & Mokalu, Y. B. (2023). Minat belajar mahasiswa dalam penggunaan infografis sebagai media pembelajaran IPA pada pembelajaran daring. SCIENING: Science Learning Journal, 4(1), 38-45.

Widiyasari, R., Astriyani, A., & Irawan, V. K. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan bantuan media evaluasi thatquiz. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(2), 141–154.

Witri, G., Syahrilfuddin, & Guslinda. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk memfasilitasi belajar mandiri mahasiswa calon guru sd pada konsep bilangan program studi PGSD FKIP Universitas Riau Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 7(2), 218–226.

Zuhryzal, A., & Fatimah, M. (2019). Keefektifan model experiential learning terhadap motivasi dan hasil belajar IPA. Indonesian Journal of Conservation, 8(2).

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles