Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Kampus pada Mata Kuliah Ilmu Lingkungan

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v4i2.8439

Keywords:

project based learning, ilmu lingkungan, pemanfaatan lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengimplementasikan model pembelajaran Project Based Learning< em> PjBL dengan memanfaatkan lingkungan sekitar kampus dan untuk mengetahui bagaimana respon mahasiswa terhadap pembelajaran Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan dengan perhitungan skala likert Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Ilmu Lingkungan di Jurusan Pendidikan IPA semester genap tahun ajaran 2021 2022 sebanyak 10 orang Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PjBL dengan tahap tahap yag telah dilakukan memberikan pengaruh positif terhadap respon mahasiswa Mahasiswa merasa sangat setuju dengan pernyataan bahwa Project Based Learning< em> PjBL menjadikan pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan dapat memberi motivasi untuk lebih aktif membuat mahasiswa lebih kreatif membuat materi pembelajaran menjadi lebih nyata membuat materi lebih mudah dipahami mendorong mahasiswa untuk bekerja sama dengan kelompok membuat pembelajaran tidak terasa bosan memberikan pengalaman berharga dalam belajar Mahasiswa setuju dengan PjBL yang bisa menciptakan rasa semangat dalam menyelesaikan tugas Mahasiswa sangat setuju bahwa model pembelajaran PjBL ini sangat cocok diterapkan pada mata kuliah ini < p>

References

Anazifa R D Hadi R F 2016 Pendidikan lingkungan hidup melalui pembelajaran berbasis proyek project based learning dalam pembelajaran biologi In Prosiding Symbion Symposium on Biology Education pp 453 462

Anggraini P D Wulandari S S 2021 Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran JPAP 9 2 292 299

Depdiknas 2006 Peraturan Menteri Pendidikan Nasional 2006 tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan Jakarta: Depdiknas

Mayasari T Kadarohman A Rusdiana D Kaniawati I 2016 Apakah model pembelajaran problem based learning dan project based learning mampu melatihkan keterampilan abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan JPFK 2 1 48 55

Nusa J G 2021 Efektivitas model project based learning pada mata kuliah vulkanologi terhadap hasil belajar mahasiswa Jurnal Ilmiah Mandala Education 7 2 210 214

Pratama H Prastyaningrum I 2016 Pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan media pembelajaran pembangkit listrik tenaga mikrohidro terhadap kemampuan berpikir kritis Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya JPFA 6 2 44 50

Sari R T Angreni S 2018 Penerapan model pembelajaran project based learning PjBL upaya peningkatan kreativitas mahasiswa Jurnal Varidika 30 1 79 83

Tumewu W A Wowor E C Rogahang M K 2020 Efektivitas Environmental Learning Bagi Mahasiswa JISIP Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan 4 4 325 329

Wijanarko A G Supardi K I Marwoto P 2017 Keefektifan model project based learning terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA Journal of Primary Education 6 2 120 125

Wowor E C Tumewu W A Mokalu Y B 2022 Implementasi Repetitive Method Melalui Kegiatan Refleksi Dalam Pembelajaran SOSCIED 5 2 272 279

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles