Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Kampus pada Mata Kuliah Ilmu Lingkungan
DOI:
https://doi.org/10.53682/slj.v4i2.8439Keywords:
project based learning, ilmu lingkungan, pemanfaatan lingkunganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengimplementasikan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan memanfaatkan lingkungan sekitar kampus dan untuk mengetahui bagaimana respon mahasiswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan dengan perhitungan skala likert. Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Ilmu Lingkungan di Jurusan Pendidikan IPA semester genap tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PjBL dengan tahap-tahap yag telah dilakukan memberikan pengaruh positif terhadap respon mahasiswa. Mahasiswa merasa sangat setuju dengan pernyataan bahwa Project Based Learning (PjBL) menjadikan pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan, dapat memberi motivasi untuk lebih aktif, membuat mahasiswa lebih kreatif, membuat materi pembelajaran menjadi lebih nyata, membuat materi lebih mudah dipahami, mendorong mahasiswa untuk bekerja sama dengan kelompok, membuat pembelajaran tidak terasa bosan, memberikan pengalaman berharga dalam belajar. Mahasiswa setuju dengan PjBL yang bisa menciptakan rasa semangat dalam menyelesaikan tugas. Mahasiswa sangat setuju bahwa model pembelajaran PjBL ini sangat cocok diterapkan pada mata kuliah ini.
References
Anazifa, R. D., & Hadi, R. F. (2016). Pendidikan lingkungan hidup melalui pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) dalam pembelajaran biologi. In Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education) (pp. 453-462).
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis penggunaan model pembelajaran project based learning dalam peningkatan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292-299.
Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional 2006 tentang Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta: Depdiknas.
Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah model pembelajaran problem based learning dan project based learning mampu melatihkan keterampilan abad 21?. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48-55.
Nusa, J. G. (2021). Efektivitas model project based learning pada mata kuliah vulkanologi terhadap hasil belajar mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2), 210-214.
Pratama, H., & Prastyaningrum, I. (2016). Pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan media pembelajaran pembangkit listrik tenaga mikrohidro terhadap kemampuan berpikir kritis. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), 44-50.
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) upaya peningkatan kreativitas mahasiswa. Jurnal Varidika, 30(1), 79-83.
Tumewu, W. A., Wowor, E. C., & Rogahang, M. K. (2020). Efektivitas Environmental Learning Bagi Mahasiswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(4), 325-329.
Wijanarko, A. G., Supardi, K. I., & Marwoto, P. (2017). Keefektifan model project based learning terbimbing untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA. Journal of Primary Education, 6(2), 120-125.
Wowor, E. C., Tumewu, W. A., & Mokalu, Y. B. (2022). Implementasi Repetitive Method Melalui Kegiatan Refleksi Dalam Pembelajaran. SOSCIED, 5(2), 272-279.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ester Caroline Wowor, Widya Anjelia Tumewu, Milan Kisi Rogahang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.