Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana

Authors

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v2i2.943

Keywords:

student team achievement division, hasil belajar, penelitian tindakan kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division< em> STAD Penelitian ini dilaksanakan di SMP Berea Tondano tahun ajaran 2020 2021 Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi usaha dan pesawat sederhana Hal ini terlihat dari meningkatnya proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II dan aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan Aktivitas guru pada siklus I 71 42 menjadi 85 71 pada siklus II sedangkan aktivitas siswa siklus I 76 66 menjadi 83 33 pada siklus II Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu rata rata tes akhir pada siklus I sebesar 62 5 mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 87 5 Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Berea Tondano < p>

References

Arikunto S 2005 Manajemen Penelitian Jakarta: PT Rineka Cipta

Asma N 2006 Model pembelajaran kooperatif Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi

Azhari S 2009 Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai dengan membuat ringkasan berformat mini magz dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar biologi pada materi pelajaran ekosistem studi kasus siswa kelas VII semester II MTSN sumberagung Jetis Bantul Skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Azizirrahim E Sutrio S Gunawan G 2017 Penerapan pendekatan keterampilan proses sains dalam model pembelajaran guided discovery untuk meningkatkan hasil belajar IPA Fisika pada siswa kelas VIIA SMPN 8 Mataram tahun ajaran 2015 2016 Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 1 4 272 275

Prastikawati D Rofiqah S A Widayanti W 2020 Model pembelajaran STAD melalui media Kotak Kartu Misterius KOKAMI : penerapan terhadap hasil belajar fisika SMP materi usaha dan pesawat sederhana U Teach: Journal Education of Young Physics Teacher 1 2 77 85

Slavin R E 1995 Cooperative learning theory reseacrh and practice Boston: Allyn and Bacon

Sugianto S 2012 Upaya peningkatan hasil belajar siswa pada materi ekosistem dengan lingkungan sebagai sumber belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division STAD di SMP Negeri 7 Tanjung Selor Kab Bulungan Kalimantan Timur Pensa E Jurnal: Pendidikan Sains 1 1 101 114

Wardana I Banggali T Husain H 2017 Penerapan model pembelajaran tipe Student Team Achievement Division STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA avogadro SMA Negeri 2 Pangkajene studi pada materi asam basa Jurnal Chemica 18 1 76 84

Wati I 2016 Peningkatan kerjasama pada materi perubahan benda menggunakan model pembelajaran cooperative tipe STAD Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia 1 1 19 23

Wijaya H Arismunandar A 2018 Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis media sosial Jurnal Jaffray 16 2 175 196

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles