Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana

Authors

  • Fricilia J. M. Manuho Universitas Negeri Manado
  • Ferdy Dungus Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/slj.v2i2.943

Keywords:

student team achievement division, hasil belajar, penelitian tindakan kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Berea Tondano tahun ajaran 2020-2021. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi usaha dan pesawat sederhana. Hal ini terlihat dari meningkatnya proses pembelajaran dari siklus I ke siklus II dan aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan. Aktivitas guru pada siklus I 71,42% menjadi 85,71% pada siklus II, sedangkan aktivitas siswa siklus I 76,66% menjadi 83,33% pada siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu rata-rata tes akhir pada siklus I sebesar 62,5% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 87,5%. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Berea Tondano.

References

Arikunto, S. (2005). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asma, N. (2006). Model pembelajaran kooperatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Azhari, S. (2009). Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD disertai dengan membuat ringkasan berformat mini-magz dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar biologi pada materi pelajaran ekosistem (studi kasus siswa kelas VII semester II MTSN sumberagung Jetis Bantul). Skripsi. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Azizirrahim, E., Sutrio, S., & Gunawan, G. (2017). Penerapan pendekatan keterampilan proses sains dalam model pembelajaran guided discovery untuk meningkatkan hasil belajar IPA Fisika pada siswa kelas VIIA SMPN 8 Mataram tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(4), 272-275.

Prastikawati, D., Rofiqah, S. A., & Widayanti, W. (2020). Model pembelajaran STAD melalui media Kotak Kartu Misterius (KOKAMI): penerapan terhadap hasil belajar fisika SMP materi usaha dan pesawat sederhana. U-Teach: Journal Education of Young Physics Teacher, 1(2), 77-85.

Slavin, R. E. (1995). Cooperative learning theory, reseacrh, and practice. Boston: Allyn and Bacon.

Sugianto, S. (2012). Upaya peningkatan hasil belajar siswa pada materi ekosistem dengan lingkungan sebagai sumber belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) di SMP Negeri 7 Tanjung Selor Kab. Bulungan Kalimantan Timur. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 1(1), 101-114.

Wardana, I., Banggali, T. & Husain, H. (2017). Penerapan model pembelajaran tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA avogadro SMA Negeri 2 Pangkajene (studi pada materi asam basa). Jurnal Chemica, 18(1), 76-84.

Wati, I. (2016). Peningkatan kerjasama pada materi perubahan benda menggunakan model pembelajaran cooperative tipe STAD. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(1), 19-23.

Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis media sosial. Jurnal Jaffray, 16(2), 175-196.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles