Peningkatan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Demonstrasi pada Pekerjaan Dasar Elektromekanik SMK Cokroaminoto Kotamobagu
DOI:
https://doi.org/10.53682/edunitro.v2i1.3407Keywords:
pembelajaran demonstrasi, hasil belajar, pekerjaan dasar elektro mekanikAbstract
Abstract– This research develops knowledge and experience to improve student learning outcomes and mastery of learning materials. Increased knowledge about applying learning methods to improve learning outcomes of electromechanical elementary work students of class X TITL SMK Cokroaminoto Kotamobagu. The learning method used is a demonstration method which can be interpreted as one way of presenting lessons by demonstrating and demonstrating to students about a particular process, situation, or object being studied either in its tangible form or in an imitation form that is shown by the teacher or other learning resources used by the teacher. Expert in the topic to be demonstrated. With the demonstration method, students can develop the ability to observe all objects involved in the process and draw the expected conclusions. This study indicates that the teacher and students collect solutions obtained by students based on particular studies and then find findings of what students learn at this stage. Then the teacher stimulates students' motivation, especially students who are less active in the learning process. Applying this method in the study of Basic Electromechanical Work shows an increase in students' learning outcomes in class X TITL SMK Cokroaminoto.
Abstrak– Penelitian ini mengembangkan pengetahuan dan pengalaman guna meningkatkan hasil belajar siswa serta penguasaan materi pembelajaran. Peningkatan wawasan pengetahuan tentang penerapan metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektro Mekanik siswa kelas X TITL SMK Cokroaminoto Kotamobagu. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode demonstrasi yang dapat diartikan sebagai salah satu cara penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan pada siswa tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu yang sedang dipelajari baik dalam bentuk sebenarnya maupun dalam bentuk tiruan yang dipertunjukkan oleh guru atau sumber belajar lain yang ahli dalam topik bahasan yang harus didemonstrasikan. Dengan metode demonstrasi peserta didik berkesempatan mengembangkan kemampuan mengamati segala benda yang sedang terlibat dalam proses serta dapat mengambil kesimpulan-kesimpulan yang diharapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pada tahap ini guru dan siswa mengumpulkan solusi-solusi yang didapat oleh siswa berdasarkan studi khusus kemudian menemukan kesimpulan tentang apa yang dipelajari siswa. Kemudian guru memacu motivasi pada siswa terlebih khusus siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran berlangsung. Penerapan metode ini pada pembelajaran Pekerjaan Dasar Elektro Mekanik menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas X TITL SMK Cokroaminoto.
References
Aqib, Z., & Amrullah, A. (2019). PTK Penelitian Tindakan Kelas; Teori Dan Aplikasi. Andi.
Arikunto, S. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Bumi Aksara.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Kurama, W., Tampang, B., & Sanger, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik. JURNAL EDUNITRO: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 7–14. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edunitro/article/view/1041
Mokalu, A., Mamahit, C. E. J., & Sanger, R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Demonstrasi di Kelas X Jurusan TITL SMKN 2 Manado. JURNAL EDUNITRO: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 19–26. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edunitro/article/view/1045
Nasution, S. (2003). Belajar dan Mengajar Berbagai Pendekatan dalam Proses. Bumi Aksara.
Putra, A. T., Tampang, B., & Ponto, H. (2021). Hubungan Minat dan Motivasi dengan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik. 1(1).
Roestiyah N.K. (2012). Strategi Belajar Mengajar: Salah Satu Unsur Pelaksanaan Strategi Belajar Mengajar (Teknik Penyajian). HOLT, RINERHART AND WINSTON.
Soekamto, T., & Winataputra, U. S. (1997). Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. PAU Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.
Tamarugi, R. G., Sangi, N., & Kambey, M. (2021). Penerapan metode pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar Pekerjaan Dasar Elektromekanik. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 1–6. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Penerapan+metode+pembelajaran+demonstrasi+untuk+meningkatkan+hasil+belajar+elektronika+dasar&btnG=
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Andieka Sataruno, Aria Sukma Malah, Altje Wajong
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.