PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD INPRES LANSOT

Main Article Content

Anawira Modeong
Widdy H. F Rorimpandey
Romi J. Mongdong
Gracia G. Gampu

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Model  Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas IV SD Inpres Lansot. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri atas 4( Empat) tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi dengan tujuan membandingkan nilai sebelum Tindakan dan sesudah Tindakan. Dengan subjek penelitian 12 siswa dikelas IV SD Inpres lansot. Pengumpulan data dilakukan dengan tes,lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis data perhitungan presentasi. Hasil penelitian dilaksanakan dalam II siklus. Pada siklus 1 menunjukkan bahwa nilai rata-rata 67,91 % dan Tingkat ketuntasan klasikal sebesar 58,33 %. Kemudian pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar  91,66 % dan Tingkat ketuntasan klasikal sebesar 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPS khususnya kelas IV SD Inpres Lansot.

Article Details

Section
Articles