PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD GMIM V TOMOHON
Keywords:
Model pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas IV SD GMIM V TOMOHON melalui penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas IV SD GMIM V TOMOHON pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan/Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus I mencapai 65,41% sedangkan pada siklus II mencapai 86,45% jadi mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD GMIM V Tomohon.